Misteri Kinara Kinari

Penulis : Wager

credit image : haridambadan.com
credit image : haridambadan.com

Candi adalah monumen peninggalan masa lalu yang  luar biasa. Cagar budaya yang indah dan wajib dirawat dan dijaga. Hampir semua pembaca sepertinya setuju bukan? Omong-omong tentang candi, apanya sih yang menarik? Entahlah, setiap orang mungkin akan memberikan jawaban yang berbeda. Sebagian lagi tertarik karena keindahannya, sejarahnya, misterinya (konon buatan jin, alien dll), sisi magis atau kleniknya (tempat semedi mohon pusaka dll) ataupun tertarik cuma ikut-ikutan, berkunjung cuma sekedar untuk foto selfie.  Entahlah…..

Di tulisan kali ini saya mencoba membahas dari sisi menarik lain dari candi yaitu pada bagian relief-nya.  Dari ribuan pahatan relief yang ada, relief perahu Phinisi dan relief pohon Kalpataru adalah dua contoh relief yang paling populer dan paling banyak didokumentasikan. Kemudian relief lain yang juga tidak kalah populer adalah relief “Angsa dan kura-kura, brahmana dan seekor kepiting”. Relief ini adalah seri cerita kuno yang berisi ajaran moral tentang kesetiaan, kabaikan, balas jasa dll.

Kinara dari negeri Thailand. Credit image: wikipedia
Kinara dari negeri Thailand. Credit image: wikipedia

Nah, sekarang saya mencoba mendongeng tentang relief lain yang sama sekali tidak populer, aneh dan misterius yaitu relief Kinara Kinari.

Kinara Kinari? Relief apaan tuh Mbah? 

Kebanyakan mungkin merasa asing alias pertama kali mendengar kata tersebut. Padahal sebetulnya ini adalah merupakan relief penting dan misterius yang keberadaannya terukir di hampir banyak candi. Selain di Indonesia, relief Kinara Kinari juga umum ditemukan di beberapa kawasan Asia lainnya seperti kuil atau pagoda di negara Thailand, Myanmar dan Kamboja. Kinara Kinari juga terukir anggun di pilar istana kerajaan Kamboja.

Nah, disanalah letak misterinya yaitu keberadaannya yang nyaris tidak dikenal atau tidak populer di negeri kita. Misteri lainnya adalah perwujudannya yaitu berupa sepasang burung berkepala manusia.  Lho, koq burung berkepala manusia? Nah, inilah sisi misterinya.

Berbagai versi ceria tentang Kinara Kinari

  1. Versi Umum. Kinara Kinari adalah lambang keabadian cinta. Lambang keharmonisan dan kesetiaan yang luar biasa yang digambarkan dalam berupa dua pasang burung surgawi yang tidak terpisahkan, hidup berpasangan saling menjaga atau dibawah naungan pohon Kalpataru
  2. Versi Hindu dan Buddha. Kinara Kinari adalah lambang keabadian cinta dan kesetiaan Sidharta dan istrinya Gopa. Banyak orang percaya bahwa Kinara Kinari ada kaitannya dengan ajaran tentang reinkarnasi. Keabadian cinta yang terlahir kembali pada pahatan di berbagai candi atau pagoda.
  3. Versi Penggemar Simbol dan Misteri. Ada banyak versi cerita dan misteri yang bisa ditulis disini. Pohon Kalpataru, Singa yang berdiri tepat di depan pintu masuk, teori falllen angel, malaikat yang “terjatuh” ke bumi dll. Selengkapnya silakan dibaca di bagian komentar.

Jadi Kinara Kinari adalah lambang cinta ?

credit image : wikipedia
credit image : wikipedia

Ya begitulah kira-kira penjelasan paling mudah dan sederhana tentang relief ini (versi standar). Mengapa lambang cinta digambarkan seperti laksana burung, berkepala manusia lagi? Nah, inilah sisi misterius dari relief ini. Ya mungkin karena cinta itu memang aneh dan misterius, lucu, susah dipahami, bisa terbang dan hinggap dimana saja atau bisa juga terkurung dalam sangkar dst dst. Digambarkan sang burung tampak menjaga pohon pohon kalpataru, pohon kehidupan yang disucikan oleh tiga agama kuno Hindu, Buddha dan Jain. Pohon ini juga dianggap satu kerabat dengan pohon beringin yang umum ditemukan di Nusantara, walaupun sekarang keberadaannya mungkin sudah semakin langka.

Kinara Kinari adalah simbol dari keabadian Cinta., yang disimbolkan pada sepasang burung yang saling merindu, hidup berpasangan di bawah naungan pohon Kapaltaru, pohon kehidpuan. Pada dunia binatang, burung (secara umum) dikenal memiliki sifat setia pada satu pasangannya. Romantis bukan? Inilah yang jadi salah satu alasan saya untuk menuliskan topik ini. Kenapa burungnya berkepala manusia? Nah, ini adalah sisi misterinya.

Kinara Kinari tidak selalu digambarkan dengan burung berkepala manusia. Di candi Prambanan, misalnya Kinara Kinari digambarkan digambarkan dengan sepasang kijang atau bahkan monyet. Mungkin maksudnya cinta monyet? Mungkin saja. Kalau benar maksudnya adalah cinta monyet, ya berarti selera humor orang zaman dulu lumayan tinggi juga ya.

Dimana  atau di candi apa relief ini bisa ditemukan ?

Relief dan Kinara Kinari bisa ditemukan terukir di Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Pawon, dan Candi Ngawen. Di candi borobudur, relief ini bisa ditemukan di deretan relief Awadana (Pintu utara, di bawah relief Lalitawistara, lorong pertama Candi Borobudur) dan deretan relief Gandawiyuha (Pintu selatan, lorong kedua).

Credit image : wikipeda
Credit image : wikipeda
Kinara Kinari di candi Pawon. Credit image : wikipedia
Kinara Kinari di candi Pawon. Credit image : wikipedia

Sebagai penutup, sekedar saran, bagi mereka yang berkunjung ke suatu candi dan kebetulan datang bersama kekasih adalah kesempatan baik untuk mencoba menemukan relief tersebut, berfoto sebagai latar dan penanda semoga cintanya abadi. Bagi yang datang bersama teman atau keluarga bukan masalah, karena persahabatan atau hubungan kekeluargaanpun memerlukan cinta kasih bukan? Sedangkan bagi mereka yang datang sendirian juga bukanlah halangan untuk melihat relief misterius tersebut karena toh dalam kesendirianpun kita tetap memiliki, memerlukan atau memendam rasa cinta.

Wager

copyright@dongbud

o3 Oktober 2015

Referensi :

Topik ini dibuat atas saran Kang Tester.

104 thoughts on “Misteri Kinara Kinari

    1. @ Cahaya,

      Mbah juga pakai hp super jadul, musiknya ndak mau muter. Pinjem hp teman yang lebih baru ternyata bisa, cuma tidak auto play, harus klik play dulu.

      Menu musiknya sudah dipindah ke atas (diatas menu peringatan), jadi silakan dicoba. Selamat pagi.

    2. Wah artikelnya blom ada yg bahas
      Gmn ini kang Wage
      Perlu boost utk lebih

      Soal musik jangan auto play
      Nanti pulsa kesedot
      Eh quota net nya
      Hehe

    3. Tahunya ya cuma segitu. Kalau kurang, ditambahi dong Kang. Tulisan ini khan cuma sebagai pembuka atau pancingan saja. Tulisan utama ya ada di komentar warga di bawahnya.

      Auto play bisa nyedot pulsa ya? Baru tahu. Saya pakai paketan semua jadi ndak tahu yang beginian. Nanti akan di-off kan.

    4. Hahaha
      Paket Japan mah original kang
      Tertulis unlimited itu asli unlimited sebulan

      Indonesia mah abal abal
      Unlimited tulisannya
      Jalannya pake quota
      Hehehe
      Saya tambahin deh tulisannya

      +++++++++++++++
      +++++++++++++++
      Cukup kan 🙂 😜

    1. Hehe nggeh kang lha kalo limited comment piye jal
      Soalnya quota kesedot
      Kalau ada jaminan kang mau nambahin quota ya gpp haha

  1. Sugeng ndalu kang Wager
    Sugeng ndalu sedherek sedoyo
    Salam

    Hehe nambahin ulasan kang Wager miturut permintaan kang Tester

    Ini feeling saya loh
    Jangan di tertawakan. Diagnosa bisa dicari dr perspektif mana saja
    Maaf kalau blak blakan

    Kinara dan kinari
    Pertanyaan awal. Siapa yang membangun candi borobudur
    Siapa pula yang membangun candi candi yg lain. Batu hitam apa tuh andesit atau batu gunung
    Kalau bata merah pasti sdh jaman baru

    Kebanyakan candi tua dan purba menggunakan batu hitam
    Lalu apakah benar bangsa ini leluhur ini sdh sangat pintarnya membangun struktur candi dengan teknik yg akurat bla bla bla
    Lalu pahatan yang halus secara naturalisme
    Lalu cerita yang tergambar begitu sangat asing dan terkadang tidak masuk akal
    Hingga ada kalimat SECARA GAMPANG
    Bahwa Candi Borobudur dibangun oleh Jin
    Hadehhhhh

    1. Sebutkan bukti bahwa borobudur memang dibangun oleh jin

      Bukti fisik jauh lebih akurat dibandingkan dengan data yang katanya katanya

      Memandang Borobudur jangan dilakukan dengan cara memandang sebelah mata saja
      Buka kedua mata!!!!!!

      Lihat apakah ada bukti fisik tentang sesuatu hal yg kita yakini??
      Dunia arkeolog barat selalu mengedepankan lingkup tak terbatas untuk suatu misteri hingga ditemukan jawabannya

      Bangsa ini lebih memilih picik didalam menimba ilmu

    2. Kinara dan kinari
      Melihat bentuknya saja saya langsung teringat akan sesuatu hal
      Raider of the lost ark
      Thats its

      Monyet angsa dan hewan lain bukan menjadi tanda pendamping dari pohon kalpataru atau pohon kehidupan

      Remember with the Boa boa tree

      Mereka para hewan sangat sayang dan melindungi pohon tersebut

      Remember with the Boa boa tree

    3. Big tree on Avatars movie
      Avatar biru

      Ada sesuatu yang dipahami dan diketahui oleh para nenek moyang mengenai pohon kalpataru ini sehingga didokumentasikan dalam sebuah candi

      Seharusnya kita sangatlah bangga dengan kerja keras para leluhur yang melestarikan pengetahuan mereka tentang suatu hal di masa lalu

    4. Dalam film the Davinci Code
      Ada tertulis “Di depan pintunya ada lambang laki laki dan wanita”

      Dan berapa banyakkah lambang itu berada di Nusantara???

      Silahkan hitung sendiri

      Lingga dan Yoni

    5. Kinara dan kinari
      Manusia burung
      The fallen angel

      Ada sebuah relief di Prambanan
      Melukiskan bahwa kinara dan kinari berada di sisi pinggir kiri dan kanan
      Dari sebuah bangunan
      Sebuah bangunan yang memiliki pintu di tengahnya
      Tetapi ditengah pintu itu terdpat seekor binatang menyerupai singa

      Kita ketahui bahwa didalam agama budha tidak mengenal istilah singa
      Yang ada adalah barong atau barongsai

      Di candi cetho patung singa ini lebih memiliki visual 3D drpd di prambanan yang hanya 2D
      Patung singa ini berada di tengah pintu. Mengapa ditengah pintu???
      Apakah dia berdiri disana? Ataukah menjaga pintunya??

      Kinara dan kinari serta kalpataru bukan apa apa dibandingkan dengan singa ini

    6. Mari kita simak penampakan dari barongsai. Apakah betul itu seekor singa??

      Bagi saya itu lebih cocok dengan profil anjing ketimbang singa. Anjing yang cerdas pintar lucu gesit cerdik dibandingkan dengan singa yang tahunya cuma makan dan tidur saja

      So… Patung yang ada di candi itu sebenarnya adalah seekor anjing
      Ohh haram.. Ya ya ya
      Pembuktian terbalik
      Pahamkah??

    7. Didalam piramida mesir kita ketahui bahwa ada seekor anjing yang dijadikan patung
      Namanya Anubis dan tahukah anda apa pangkatnya??
      Pangkatnya adalah PENJAGA
      sama dengan anjing di relief kinara dan kinari ini
      Ohh suatu kebetulankah??

    8. Bagi para healer yang mendalami tingkat healing meditasi spiritual di luarnegeri, mereka sangat paham dengan situasi dari seekor hewan yang bernama Anjing ini

      Anjing ini bukan anjing sembarang anjing. Dan bukan anjing yang berasal dari planet bumi

      Pembuktian terbalik adalah
      Anjing menggonggong kafilah tetap berlalu

    9. Kira kira begitu kang Wager
      Sekelumit cerita soal kinara kinari
      Buat ngramein saja
      Yg mau menyimak silahkan
      Yg tdk juga silahkan
      Saya tdk memaksa

      Gandeng wekdal sampun paripurno
      Monggo enggal enggal diunjuk
      Ndang mulih
      Hehe
      Salam

  2. Nuwun Kang Beibe atas tambahannya yang luar biasa. Akang memang jempolan, mampu menuliskan teka-teki rumit tentang misteri percandian dengan ulasan yang menarik.

    Ulasan yang begini nih yang menarik untuk disimak. Kalau di halaman sebelah lagi ramai-ramainya adu keyakinan : “Kalau kitab suciku dijatuhkan ke sebuah gunung maka gunung tersebut akan hancur cur cur”.

    Kemarin malam saya iseng2 test, menjatuhkan buku novel tebal (bukan buku suci lho) ke gunung kembar, langsung ditampar si nyai. Ahirnya dikunci-in pintu dan terpaksa tidur di beranda. wakakakkk….

    Kitab suci itu menurut saya adalah untuk panduan untuk belajar kearifan, bukan untuk pamer kesaktian ke ajaiban.

    wager

    1. Sugeng siang kang Wager
      Rahayu
      Hehe nggeh kang. Panjenengan klenthu menawi melakukan tindakan menjatuhkan di atas gunung kembar
      Karena seharusnya bukan buku tebal tetapi bibir tebal hihi

      Beda dengan saya
      Kalau ada gunung kembar pasti akan saya “Injak injak” dan si empunya tersenyum
      Bukankah gunung kembar untuk di daki. Kan kudaki gunung kembarmu dik……………… Nggeh kangmas

    2. Biar saja yang ingin pamer kang
      Saya lebih menyimak bahasan kang tester ini
      Tapi kang Testernya sdh lama tdk muncul
      Tidak enak rasanya seandainya berdialog tanpa ada lawan bicara dan pertanyaan yang diajukan
      Mbak Dewi juga tdk muncul
      Kangen JDD nya

    3. Salam Karaharjaan & Paseduluran…….

      Wakakaaak……. Selera HUMOR Simbah Wager muantap…, pun Kang BEIBE.. (bikin awet muda), tetapi….. sayang seribu kali sayang.., saya tdk bisa TEST CASE; yg satu pake BUKU NOVEL TEBAL, yg lain-nya INJAk-INJAK…!?

      Sukses slalu, rahayu…
      Jayadanjayalahblogdongbudpadepokanmbelgedez…
      Majulahdanjayalahnusantaramerahputihibupertiwi…..

    4. di sana gunung di sini gunung, di tengah2 ada kitab suci.

      di sana mendung di sini kembung, di tengah2 ada candi misteri.

      di sana bingung di sini merenung, di tengah2 ada kinara kinari.

  3. Sugeng ndalu kang Wager
    Sugeng ndalu sedoyo sedherek
    Rahayu rahayu

    Hehe ruang yang sedikit peminat nggeh kang.. Gpp murid sedikit artinya prnyerapan ilmu lebih maksimal
    Daripada banyak murid malah eker ekeran hehe

    Betul itu yg dikatakan Jeng Dewi
    Ditengah tengahnya ada ……..

    Ceritanya neh mau nambahin soal seluk beluk candi .
    Semisal ada patung diponegoro ada patung ngurah rai ada monumen nasional ada tugu muda dsb
    Bangunan2 tsb dibangun untuk
    1. Menceritakan kejadian dimasa lampau
    2. Untuk mengenang suatu peristiwa
    3. Mempunyai fungsi tersendiri misal pusat kota pusat daerah pusat keagamaan dsb

    Sama halnya dgn candi candi. Dibngun atas dasar spt tsb di atas
    Hanya saja atas dasar minimnya pengetahuan serta minimnya niat maka banyak candi di Indonesia hanyalah berlatar sejarah kerajaan pada masa lalu ataupun hanya dan dihubungkan kepada suatu legenda

    Seperti misal candi Cetho. Mngkin saja bisa ditelisuri tahun brp dibangun dan oleh siapa dari kerajaan mana
    Tetapi ahli purbakala kita, entah sengaja atau tidak paham, maka bagian atau sisi lain dr candi cetho itu tdk dicari apa dan mengapa ada disana
    Patung patung yang setupa dgn kebudayaan maya
    Andai dibangun pada jaman hindu lalu mengapa ada patung manusia burung??

    Sama halnya seperti candi borobudur
    Kita tdk pernah tahu bagian mana yang di bangun terlebih dahulu atau di pahat reliefnya terlebih dahulu
    Lalu apakah benar stupa stupa yang ada tsb bisa berada disana sejak borobudur dibangun atau sebagai tambahan
    Mngkin kajian penentuan usia dengan pengecekan umur karbon belum pernah dilakukan
    Hehe
    Nglantur

    1. Wuiihhh tak tinggal blonjo lontong iseh sepi komen hehe

      Saya ajak menghayal yuk malam jumat
      OJO NGERES !! Terutama pak JS seng senengane menceti “Tombol kenop”

      Bagaimana seandainya borobudur itu sebenarnya bukan candi tetapi merupakan situs megalithikum
      Artinya bahwa sebenarnya awal dari borobudur itu adalah batu susun saja kosong tanpa relief dan stupa
      Sebuah punden berundak tempat pemujaan.
      Monggo kalau mau dibilang ngibul
      Silahkan loh. Saya tidak akan marah
      Please mr ngibul

      Hubungan antara stupa budha dan relief hampir tidak ada atau minim sekali
      Malah sepertinya relief itu usianya lebih tua dari stupa budha sendiri
      Mempunyai cerita yang berbeda
      Ada dewa hindu ada tanda alien ada kisah perjalanan ada alat transportasi modern ada pilar roma dan ada simbol lain
      Sementara stupa budha adalah jelas Budha
      Juga hampir pasti tidak memuat kehidupan lokal dr nusantara
      Sangat minim
      Andai borobudur dibangun oleh raja raja dari dinasty syailendra dsb
      Mengapa tdk ditemukan unsur kerajaan nusantara

      Semua hanya kira kira penilaiannya
      Nambah dikit
      Jadi menurut saya, ide dr mr Rizal Ramli untuk memajukan Borobudur itu belum bisa dikatakan tepat apabila akan dikembangkan menjadi sebuah sentra bagi umat Budha sedunia
      Karena tidak berbasis budha seutuhnya
      Itu menurut saya loh
      Ngopi bari udut dulu

    2. @ Kang BB, Selamat pagi,

      Sepi udah biasa Kang dan memang inilah wajah asli dari dongbud, sepi dan adem. Yang heboh cuma judul tulisannya doang. Kemarin2 sempat gonjang-ganjing keluar asap tapi ya ndak separah dan selama asap kebakaran hutan di Kalimantan.

      Tentang Kinara, penjelasan Akang sangat menarik. Banyak misteri yang belum tersingkap. Tapi menurut saya akhli sejarah percandian sudah benar karena mereka bekerja berdasarkan kaidah keilmuannya.

      Tentang misteri Kinara, manusia burung, mytiologi ini tidak hanya ditemukan di Nusantara saja tapi juga di negeri asia tenggara lainnya bahkan mungkin lebih populer.

      salam – wager-

    3. Sugeng enjing Kang Wager
      Rahayu

      Hehe itulah asiknya kang. Cari yang tidak populer. Bahkan kalau perlu gali yg belum terlihat
      Candi dibawah candi woww

      Seandainya pemerintah memberikan ijin kpd asing berupa bantuan ahli atkeolog dan bekerjasama dgn mereka juga untuk pengujian lab di negaranya
      Saya kira kita juga bs populer kang.

      Tetapi lihat. Semua dibungkam dipolitisir di blacklist
      Bahkan yang masih eksis pun
      Seperti para sarjana yang seangkatan atau lebih tua dr Habibie
      Yang sepakar atau lebih pakar dari Habibie
      Mereka semua dibungkam
      Potensi SDM budaya history religik original kebenaran kemampuan dsb
      Bungkam karna dibungkam

      Hanya yang bersifat atau berpotensi komersil yang boleh dibahas
      Dan parahnya masyarakat ikut memikirkan dan menjadi korban dr segi ini
      Jangankan sebuah negara, atau sebuah keluarga. Diri kita sendiri apabila digali lebih dalam hingga yang terdalam maka seluruh kemampuan inner beauty apa tuh IQ EQ SQ pastilah ada manfaat dan hasil yang sangat signifikan
      Bukankah seharusnya begitu kang Wager. Sebelum diekploitasikan dalam bentuk realisasi yg senyata nyatanya
      Hehe
      Koyo cah kuliahan wae ngomonge
      Udut dulu ahh

    4. Penilitian para ahli sdh benar menurut kaidah keilmuan mereka
      Kaidah keilmuan dengan umpet mengumpet beda tipis di Indonesia kang wkwkwk

  4. Nuwun sewu kang Wager
    Tidak nemu halaman politik dlam negeri
    Jadi nulisnya di sini saja nggeh
    Ampun dados prnggalih
    Ampun duko
    Hehe

    Pengamat Media Sosial Denny Siregar Ikut memberikan komentarnya terkait ucapan mantan menpora Adhyaksa Dault yang meminta ahok masuk islam terlebih dahulu supaya jalannya menuju Gubernur DKI lancar

    Mantan menpora Adhyaksa Dault ini menyatakan siap juga memberikan dukungannya kepada ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta jika ahok masuk islam ,

    Berikut Ini Komentar Pengamat Media Sosial Denny Siregar melalui akun facebooknya sebagaimana Pantauan Islamtoleran.com:

    STRATEGI BASI

    Lucu juga melihat pernyataan pak Adhyaksa Dault supaya Ahok masuk Islam.

    Ini menunjukkan lawan2 Ahok sama sekali ga punya amunisi yang cukup untuk bertarung melawan dia. Isunya selalu diulang2. Seakan2 isu agama itu senjata yg efektif dan masyarakat tersadar bahwa, “oh Ahok itu ternyata Kristen ya, baru sadar gua.”

    Pak Adhyaksa Dault ibarat pejuang Taliban yang lari2 di gunung dengan celana cingkrang dan baju kebesaran sambil memanggul2 RPG anti tank. Sedangkan Ahok pasukan marinir AS dengan drone tanpa awak bersenjatakan laser. Kagak seimbang.

    Kenapa para politisi lama ga bisa merubah gaya kampanyenya ya ? Mereka selalu sibuk dengan kulit dan kulit. Mereka ga mau merubah style bertanding mereka dengan isi yang elegan yang membuat warga DKI terperangah, “wah hebat ya baru tahu gua kalau dia bisa begitu.”

    Yang dibawa selalu masalah itu itu saja. Agama, terus ras, terus santun apa tidak. Mata ini udah pada melek kalau santun itu bukan berarti gak bajingan, malah bisa berarti embahnya bajingan. Masak sekian puluh tahun ga pada belajar ? Hellooooww, kemana aja selama ini ?

    Ahok itu hanya bisa dilawan dengan otak, dengan program dan dengan jiwa yang bersih ditambah nekad gak ketulungan. Kenapa begitu ? Karena itu yang dibutuhkan warga Jakarta yang dikelilingi para kepala2 mafia mulai dari birokrat sampai wakil rakyat. Bagaimana bisa politik santun menghajar mereka ? Bisa2 setahun pertama, di kepret, langsung pingsan.

    Warga DKI yang melek tehnologi dan terbuka wawasan informasinya udah gak butuh baju2 agama. Kalau hanya karena agama, kenapa banyak yang muslim yang suka dengan Ahok ? Atau kenapa yang Kristen, Budha dan agama lain milih Jokowi ? Apa itu karena agama mereka ? BUKAN. Itu karena mereka punya program2 yang bisa men-sejahterakan warga, menyelesaikan masalah dan mereka tulus melaksanakannya.

    Yang terpenting mereka punya gebrakan2 yang berbeda yang tidak cuman manis di bibir saja. Ngelawan Ahok jangan pake lagu Betharia Sonata yang mendayu2 menyatakan kepedihan hati karena putus cinta. Ahok itu Kurt Cobain, pembawa aliran baru dalam musik rock yang merubah arah selera pasar. Kalaupun syairnya ngomong cinta, bahasanya selalu keluar dengan gagah bukan gaya pria yang terluka. Nassar kalee terluka..

    Pahami dulu itu sebelum bertanding. Pendukung Ahok itu miltan, mereka yang berani berjuang tanpa mengharap bayaran dan hanya karena mereka suka. Bukan partai yang selalu harus disuapi uang, kalau ngga, mogok kerja. Kalau mau contoh pendukung yang militan, lihat Bu Risma. Ketika ia di sudutkan akan di impeach oleh DPRD Surabaya hanya karena ia menolak tol tengah kota, warga bisa turun ke jalan2 dan akhirnya malah penyusun angket yang dipecat dari partainya. Itu baru namanya kepala daerah.

    Pak Adhyaksa Dault selama jadi Menpora sudah melakukan gebrakan spektakuler apa ? Apa berani membekukan PSSI yang dipimpin kepala2 bajingan dan membuat orang mengacungkan 4 jempol ke udara ? Tidak, kan ? Atau sudah dengan gagah berani menggebrak melalui media, mencegah korupsi besar rumah atlet di Hambalang ? Juga tidak, kan ?

    Bapak memang bersih, tapi bersih saja tidak cukup di DKI, bapak harus menjadi pemberani. Dan seorang pemberani tidak pernah mempermasalahkan apa agama lawannya, apa suku dan ras lawannya, tetapi ia berani mendobrak tatanan yang selama ini salah dan tidak takut untuk ditekan atasan.

    Semakin kelihatan bahwa lawan yang ada selama ini sudah kalah sebelum bertanding. Kenapa sulit sekali mencari lawan yang sebanding ? Karena partai jarang melakukan peng-kaderan yang benar sehingga memunculkan orang yang benar juga. Selama ini gaya2 yang ada gaya politis yang sudah ketinggalan zaman, bukan gaya menggebrak yang membuat orang jadi kagum dan terpesona.

    Pak Adhyaksa sekarang berada pada era masyarakat cerdas, masyarakat media sosial. Sudah bukan masyarakat model opera sabun yang episodenya sampe enam. Jadi cerdaslah dalam bertarung supaya mendapat apresiasi yang tinggi dan betul-betul punya prestasi, bukan malah bangga2an dengan organisasi. Udah basi.

    Saran saya, lepaskan baju partai. Dan tantang Ahok untuk sama2 mencalonkan diri melalui jalur independen. Buat program2 baru yang selama ini tidak banyak terpikir. Itu baru jagoan. Ini bukan masalah kalah dan menang, ini masalah harga diri. Kalah pun terhormat dan masyarakat akan selalu ingat bahwa ada seorang pemberani yang selama ini tersembunyi. Sama2 habis duit, apalagi yang harus ditakuti ?

    Coba gandeng haji lulung sebagai wakil, beliau namanya menjulang sampai keluar negeri dan punya fans militan yang mau mengorbankan waktunya hanya untuk membuat meme2an.

    Paling sial, kalau meeting beliau hanya selalu salah arti. “Apa ? Karburator ? Oh maaf, maksud bapak kalkulator ? Bukan ? Apa dong ? Masak kompor ? Oh, kalau itu saja saya sudah mengerti, kondom bocor.. ”

    Hehe itu yg saya bilang pakar tapi doyan ngumpetin
    Bisa tapi bersyarat
    Lalu kapan majunya
    Berbesar hati untuk menerima kemenangan orang lain
    Menerima kenyataan
    But…. No one from them apply it
    Wkwkwkwk
    Hadeh

    1. Nuwun Kang,
      Setelah di klik, muncul artikel berbahasa linggis dan kepala saya langsung pusing. wakakakk…. saya memang ndak cocok bahas misteri candi.

      Tapi kalau misteri lain spt misteri si Marni contohnya, nah itu lain lagi….

    2. Wahh siapa itu marni hahahaha

      Saya pake hape kang. Cr translate ke indo susah. Nanti kalo ada yg bahasa jepang wes. Pasti tak share
      Hahaha

  5. hahaha…kayaknya sich …ngak cocok mbah@Wager ….tp mbah khan yang di tuakan ……heehhe….biar gimana pun saya masih menaruh hormat ….ngak apa2…semua juga belajar termasuk saya…..

    saya sendir juga ngak tahu …apa artinya relief tersebut ……akan tetapi saya menaruh kagum ….klu saya prediksi sendiri ….masalahnya orang jaman dahulu sudah tahu banyak tentang kebenaran ……tp krn kita2 ini masih ingusan …yach …..sebisanya aja dech …meng artikan ….relief candi.

    klu boleh saya artikan …..maaf yaa …sebelumnya …saya minta maaf kalau salah …..ini cuman versi saya bisa salah …

    yang bergambar cinta ….itu bukan Cinta….tp masih bolehlah …diartikan begitu …klu menurut saya …itu ” HATI ” …disamping hati ada burung 2ekor sepasang selalu begitu yg diciptakan Tuhan dan 2 burung berkepala manusia ….itu mungkin artinya malaikat sepasang yang selalu mengawasi hati kita …untuk dicatat aktifitasnya….

    2 ekor burung itulah yang selalu berkicau2….hehehehe….yg mestinya kita dengarkan ….

    cukup aja dulu …klau salah ….mohon maaf yach ….maklum saya ngak ngerti banyak candi…..

    salam …pnl

    1. Waduh Kang, saya jadi malu sendiri nih…..
      Saya cari2 di komentar, ini omongan siapa, eh ternyata omongan sendiri. wakakakakkk…….
      Maksudnya khan ngibur rekan yang mungkin berkunjung ke candi sendirian. Agar ndak sedih. Gitu lho Kang ceritanya.

      *bikin-bikin alasan, biar tidak kelihatan begonya

  6. Selamat Sore kepada Simbah Wager, Para Warga Padepokan Mbelgedez, Para Alumni dan Para Sedulur Semua @ …

    Salam Sejahtra Simbah Wager@

    “Membaca” Artikel MISTERI KINARA KINARI (Penulis : Wage Raharjo)

    Anda tahu candi? ……… dst ………
    Setiap candi pasti memiliki relief atau pahatan gambar pada dindingnya.
    ……… dst ………

    + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + +

    Walah weleh……. STATEMENT : Setiap CANDI PASTI ADA RELIEF-nya atau PAHATAN GAMBAR pada DINDING-nya, perlu DIPERTANYAKAN…??
    Kenapa…..???

    Kalau di Jateng atau pun di Jatim memang Benar & Terbukti, tetapi……. Di Pasundan (Jabar) hampir sebagian besar CANDI TIDAK ADA RELIEF-nya…. Atau PAHATAN GAMBAR…!! (Fakta-nya… buktikan donk…..)
    Mau Fakta & Bukti-nya…., antara lain :
    Candi Cukur…., Candi Baju…., Candi Sapatu…., Candi Sapu, dll, dsb.
    Heheeheeeee……………… (Ngapunten Simbah jangan di timpuk Sandal…….) Kabuuurrr…….

    Sukses slalu, rahayu…
    Jayadanjayalahblogdongbudpadepokanmbelgedez…
    Majulahdanjayalahnusantaramerahputihibupertiwi…..

    1. Salam Kang Pejalan,

      Nuwun atas koreksinya. Akang memang super jeli dan teliti. Iya nih, koq saya baru ngeh ya? Padahal saya lama tinggal di Bali. Di pulau tersebutpun sebagian besar candi juga tidak memiliki reliefnya. Candi itu bahasa Inggrisnya temple ya?

      Untung saja tulisan ini sepi peminat, jadi peluang untuk digebuki jauh lebih kecil. Kalau dilempar sandal mah biasa. Nih ada sekeranjang disini cuma sayangnya…. yang sebelah kanan semua. Ndak akan saya lempar ke Akang, karena saya nunggu yang kiri.

    2. Candi itu berelief
      Situs itu bisa berbentuk candi atau tumpukan batu berhistory yg berelief atau tidak. Bisa juga sebuah patung atau arca dan biasanya digunakan sebagai trmpat yg berhubungan dgn keagamaan
      Peninggalan megalithikum adalah sebuah tumpukan batu yg tdk berelief
      Tetapi sebagian besar digunakan dalam upacra keagamaan
      Kalau di bali sepertinya bukan candi melainkan sebuah pura
      Numpang nambah
      Mohon dipersori andai salah

    3. Ralat sedikit
      Maksudnya
      Candi itu berelief dan biasanya digunakan sbagai tempat yg berhubungan dgn keagamaan
      State dibawahnya mohon dihilangkan soal tempat keagamaan
      Tenkyu

  7. dimulai dengan BISMILLAHIR ROHMAN NIR ROHIM (inilah POHON KALPATARU atau pohon kehidupan yg ada di dalam diri kita).
    KALPA = masa dunia (masa kita hidup di dunia) atau suatu periode penciptaan dan penghancuran dunia (raga).
    Burung Kinara – Kinari adalah perwujudan dari nafas kehidupan kita (kalau ingin bertemu tuhan maka telusuri “tapak kuntul mabur”, artinya relief banyak menggunakan kalimat burung yg terbang, hilir mudik. Spt kisah nb sulaiman mengirim burung huh hud (hu) untuk mengantarkan surat kepada ratu balqis, spt itulah pohon kehidupan. Yg paham akan arti dan makna hidup mk akan terkabul apa yg diinginkan (Kalpataru, Kalp= ingin/berkeinginan, pohon yg dpt mengabulkan segala keinginan manusia yang memujanya). maka banyak-banyaklah bersedekah kpdNya sbgmn prasasti Kutai menyebutkan kebaikan budhi Sang Mulawarman yg berwujud sedekah dlm jumlah banyak, dalam tarikan (Kinara) dan hembusan (Kinari) nafas.

    1. pohon kalpataru pohon yang menjulang ke kahyangan (samaawaati/rohim) dan akarnya menghujam ke bumi (ardhi/rohman), berbahagialah bagi yg menemukan hakekat kehidupan sejati

  8. …..maaf untuk lebih jelasnya …kita harus kembali ke judul topiknya …yaitu …misteri kinara …dan kinari supaya lebih jelas…pernah sudah saya wedar di tempat yg lain topik nya …tp sy udah lupa …

    apakah …di agama hindu ….atau warung obrolan ….tolong @ kang wager di koreksi ..dulu ..

    kemudian baru bisa saya…wedar …semampu dan setahu saya …semoga…bisa di mengerti nantinya…

    klu pengertian yg ada dalam diri saya….hmmm…saya katakan kisah cerita ini hebattt….semoga saya bisa bener2 ikhlas …menceritakan semuanya…saking bagusnya …kayaknya sich …saya masih ingin menyisakan rahasia dikittt aja ….buat diri saya pribadi ….hehehhe…sayang bangett saya dgn kisah ini..maaf.

    ohhh…yaaa….saya jamin …klu ada yg ngaku2 Imam Mahdi …ngak ngerti ini dan tidak mengenali ini..saya bisa pastikan ….bahwa imam mahdi tersebut ….PALSU….hmmm, klu kitab2 lain …katakan …klu ngak lulus weda …dia bukan Imam mahdi …alias palsu . Mungkin ini yg dimaksud….gitu.

    tp jgn menyimpulkan saya terlalu naiff…bahwa saya adalah imam mahdi yg asli ……kwkwkwkwk…..saya mah cuman bocah ingusan …yg kebetulan ..tahu lebih dulu dari pada anda …secara kebetulan juga saya melihat relief kinara kinari di dongbud..dan saya perhatiin secara seksama …dan saya merasa mengenali peristiwa tersebut di dalam diri saya ….gitu

    supaya lebih jelasss…nantinya…kita bisa berinteraksi …semampu saya…boleh tanya jawab …maksud saya.

    wasallam …pnl

  9. mau saya ….saya cari dulu coment saya ….yang lalu …terus saya copy paste….supaya…terlihat orisinil …tidak ngarang2…gitu …klu saya tulis lagi …setidaknya isi dan maknanya sama…bentar yaaa…saya cari2 dulu di mejanya @Kang wagerr…kasihan klu beliau di perintah2 teruss….hehehehe

    1. Rahayu dan delamat pagi Kang PNL,
      Kalau belum ketemu, nanti sore saya akan luangkan waktu ikut mencarikan.
      Bagusnya sih ditulis lengkap, nanti saya pindahkan menjadi artikel sehingga arsipnya menjadi lebih mudah, bisa dicari lewat fasilitas search.
      salam

  10. …makasih @Kang wager ….saya maunya gitu juga @Kang …tp ….hehehehe…saya coba berkali2 …copy paste gambar2 di goegle….ngak berhasil2 …hahahaha…saya jadi malu sendiri ….klu copy harus dirubah dulu jenis filenya atau… gimana …@ Kang Wager…. makasih….

    klu ada gambarnya enak jelas …ngak kayak …seperti ngarang…gituu…

    pnl

    1. Kirim apa adanya lewat komentar. File gambar tidak perlu di ubah, tetap jpg, nanti akan kena jaring moderasi. Ada notifikasi komentar dimoderasi, nanti segera saya pindahkan.

      Bisa juga kirim lewat mail
      dongengbudaya@gmail.com

      Via pesan facebook atau posting di langsung di wall fb saya
      https://www.facebook.com/wagerdb

      Posting di page dongbud
      https://www.facebook.com/dongengbudaya/

      Kalau mail atau fb tidak ingin ketahuan, bisa gunakan fasilitas ini :
      https://dongengbudaya.wordpress.com/portfolio/mail-kontak-admin/
      Link gambar dikirim terpisah lewat komentar.

      dan beragam cara lainnya.
      NOTE: jangan kirim via telepati. Saya bego bin linglung ilmu ginian.

  11. bentar ..@ Kang culun …entar tak postingkan ke coment disini sedikit2..biar bisa…masuk …soal gambarnya…entar @kang wager yang atur …skrg udah saya ketik ….dikit …cuman ada urusan dikit nich harus keluar. nich masih segini dulu ……

    Relief kinara kinari dan peristiwa Kinara & kinari adalah gambaran suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi didalam tiap2 diri manusia selama dia menjalani kehidupan dunia. Peristiwa tersebut selesai atau sudah tidak terjadi lagi pada tiap2 diri manusia, jika manusia tersebut sudah menghadap kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    Relief tersebut asli …dan diabadikan dalam bentuk relierf , atau berupa candi seperti pada gambar foto CANDI PAWON, dan hal tersebut adalah warisan leluhur Nusantara, yg dijadikan monumen yg sangat bagus sekali, ada kemungkinan besar , agar anak cucu bangsa nusantara ini , bisa melihat dan mau mempelajari pengetahuan yang dipercaya dan dimilki para leluhurnya yang betul2 istimewa dan tidak mudah hilang oleh berjalannya waktu .

    Sebagai umat muslim dan sebagai cucu para leluhur nusantara yang hebat , saya benar benar kagum dengan pengetahuan para leluhur leluhur nusantara. Beliau2 telah mewarisi sesuatu yang bener2 spektakuler, menurut ukuran dijamannya, mereka tidak mewariskan emas dan permata, akan tetapi mewariskan pengetahuan yang bener2 suci dalam bentuk relief2 yang mengagumkan .

    Mengapa saya katakan secara pribadi “ SUCI “, karena kejadian atau peristiwa di dalam diri ini sedikit sekali manusia yang dapat mengetahuinya , kalaupun ada yang mengetahuinya , itu adalah petunjuk murni dari Tuhan Yang Maha Kuasa, karena selain tuhan tidak ada yang mengetahui kelemahan diri manusia , kecuali iblis, dengan alasan tersebut maka secara berani saya katakan , kinara kinari adalah wahyu Tuhan YME asli.

    Adapun penamaan Kinara Kinari adalah oleh sebab sudah diberi nama terlebih dahulu bagi yang meyakininya terlebih dahulu ,…bagi saya hal tersebut bukan menjadi masalah besar buat saya pribadi , dan yang terpenting keaslian nya serta makna dan maksudnya para leluhur nusantara bisa tersampaikan dgn benar .

    Karena terbuat dari batu dan candi akan menjadi sangat2 sulit untuk dirubah atau dipalsukan . Sepertinya juga para leluhur nusantara berharap ada yang bisa menterjemahkan atau dapat menceriterakan kepada anak cucunya dengan baik dan benar ,

    1. kang pnl@ relief ekpresi dari” goresan gagasan jiwa siempunya” yg sengaja di abadikan dan ditanam kedalam seni ukir agar mudah diketahui.
      ada juga yg dituangkan ke dlm sastra dalam bentuk siloka/sanepan/palsafah. “benar?; apa tidak ya???; maklum ane culun..
      rada linglung !!!? hehehehehe…

    2. PNL kalau nulis msh kurang tepat, coba liat tuli san mu “leluhur tdk meninggalkan emas permata ( materi)? ” xi3 org2 nya grup nya mbah wager msh tulalit dan culun

    3. Yg bener “mewariskan emas permata” dan al mahdi/sp/ba ini kelak yg berperan xi3 tp kenali dulu kinara kinari atau upil ipin

  12. hahaha…hahahaha….ituu diee beee…@kang Tulalit …masak saya tulis …jgn nanyak2 emass permata…

    ssttttttt soalnye …babeee….yang umpetinnn….sambil diambil dikit dikit……kwkwkwkwkwk

    becannda beee…….maaf bee….maaaf,…

    wasallam …kwkwkwkw

    1. sang buddha mencari makna apa permata yg termahal di kehidupan ini?

      ia menemukan jawaban permata itu adalah nyawa/umur/hidup yg bebas /tidak menjadi budak siapapun

      apa yg bisa dinikmati oleh orang mati, walau ia punya harta segunung?
      apa yg dinikmati orang kaya yg korup lalu dipenjara?

      hidup/Waktu adalah permata bagi setiap makhluk

    2. hanya orang yg terlahir di alam dunia ini ,mereka yg bisa mencari info tentang TUHAN zat yg paling rupawan dan menakjubkan

      betapa hidup ini berarti untuk mencari tahu tentang TUHAN

  13. issunya sich udah denger.. katanya wowwwhh…bahkan jumlahnya harta sangat mengagetkan…..tp sayang faktanya….saya belum liat sama sekali ….makanya saya ngak berani memastikan dlm tulisan …walaupun perjanjian dgn leluhur udah fixs….secara langsung belum diserahkan …tp udah ditemuin …mungkin saja nanti klu saatnya udah tepat ….beeee.

    wasallam… pnl

    1. kang PNL@ kayaknya al Mahhdi tdk membutuhkan buanyaaaak !! harta , hidup yang yg nyaman dan terjaga dlm keseimbangan ” adalah hidup yg cukup?..atau pas..pasanan???
      pas pengen beli mobil pas ada uang”, pas pengen berlibur..pas ada ongkosnya? hehehehe…

    2. kang PNL@ kayaknya al Mahhdi tdk membutuhkan buanyaaaak !! harta , hidup yang yg nyaman dan terjaga dlm keseimbangan ” adalah hidup yg cukup?..atau pas..pasanan???
      pas pengen beli mobil pas ada uang”, pas pengen berlibur..pas ada ongkosnya? hehehehe…

  14. mungkin juga karena saya belum….melakukan apa yang leluhur kite inginkan …barang kali begituu…bisa juga ada kemungkinan laennn ….gitu

    pnl

  15. iyeeee bee….bener @kang culunn…..al mahdi tidak butuh harta buanyaakkk…heheehe…bener..bener …tp saya bukan Al Mahdi @Kang…wahhh kacau klau saya al mahdi …baca Quran kagak bisa…..gituuu. ini riil ..yakin saya bukan al mahdi …

    kalau saya ditanya apa anda sahabatnya Al Mahdi …may be yesss….gitu..terus dimana almahdi ….belum saatnya saya ngomong….gituu.Apakah anda betul2 kenal sama beliau….may be yesss.

    apakah anda pernah berjumpa dgn beliau…yesss…..apakah anda pernah belajar dgn beliau tentang agama….maybe yes../..maybe no …

    apakah beliau pernah menasehati anda…..yesss
    apakah beliau pernah merestui anda ……..yess

    apakah beliau pernah menceritakan siapa anda sebenarnya …noo….

    gituu….saya yakin seyakin yakinnya …bahwa saya bukan Imam Mahdi . titik.

    wasallam …pnl

  16. bener…@Kang …aslii hati kecil saya …saya suka yg seperti sekarang ini…kalau ada tambahan penghasilan dikit wahhh udah bagus sekali …saya sangat2 bahagia …gitu

    kalu orang mengira harta yg di berikan ke saya …akan membuat saya bahagia … yachh…sebenernya hampir setiap saat saya mikirrr …terus…kenapa harus saya yg dititipin …laa wong saya suka ibadah kepada Allah SWT…anak saya cuman 1 ( satu )…udah selesai sekolahnya …udah nikah …saya udah punya cucu …cantik dan lucu ….dia sudah bahagia dgn suami yg juga taat beribadah dan rajin puasa dan sudah bekerja juga..terus apalagi yg saya inginkan …malu saya sama Allah SWT…

    saya pensiunan PNS …gaji udah pas2an lah …tinggal nambah dikit …tabungan NOL BESAR …harta ngak punya sama sekali klu yg hasilnya PNS ..NOL BESAR
    pas hanya untuk buat makan sekeluarga sama sekolah anak.

    saya hanya punya warisan …milik ortu …sawah yg 1 HA sudah saya jual pakai modal tahun 2009 ….seharga 800 jt ..habis buat bisnis….kkwkwkw

    klu sekarang ini klu pengen beli Honda CRV biar gagah dan lebih mantaapppp …sihh masih bisa klu mau jual warisan …klu semua mau dijual yaaach …kasihan cucu saya …mending naik motor butut…..gituuuuu.

    kecuali klu anak atau cucu saya yg pengen beli mobil ..yach ….terpaksa saya jual ….gitu….klu saya mahh udahh bau tanah….kwkwkwkw

    wasallam …pnl

  17. anda betul @ Kanga atau Jeng ..apa yg termahal?….yang pertama2 terpenting adalah menemukan tuhan sejati dulu …..

    ada pepatah jika kamu mengenal dirimu …kamu juga mengenal tuhan mu…..

    kinara kinari …ada di didalam diri manusia …kolu orang tersebut tidak mengenali kinara kinari …berarti dia tidak mengenal dirinya ….kalau tidak mengenal dirinya ….sudah tentu dia tidak mengenal tuhan nya…

    kalau @Kang raden anom ….bilang …..pohon kalpataru …akarnya meng hujam ke bumi ujungnya menjulang ke khayangan ……ini bener …

    kalau diartikan …kalau seandainya pohon kalpataru dipanjat ujungnya…ke kayangan …ini bener …akarnya menghujam ke bumi ini bener …dia seperti pohon yang tumbuh diatas tanah …..pohon tersebut perlu disirami ..atau dipupuk …persis kayak tamanam …..

    kalau tingkat advan nya….yachh kapan2 lah penjelasannya…nanti dulu ..jgn dulu saya buka disini …gitu.

    tp kalu penjelasannya tentang burung …dan sering mengumpamakan tentang burung terus dikaitkan dgn burung ….setengah bener setengah salah ….hehehehe sory bang ….hehehehe

    wasallam ….pnl

    1. ck.ck.ck…kalpataru???
      ” pohon kehidupan”? akar tertanam di bumi ? batang menjulang ke langit??? Hmmmmm…..
      artinya? :
      – ” kalau kita ingin mengenal diri kita?
      – kenalilah tuhanmu?
      – kalau engkau! sudah mengenal tuhanmu,
      maka anda akan tahu hak hidup yang dikehendaki tuhanMU.

  18. hmm…..bener @Kang culun …dulunya saya mengenal tuhan dulu …..lama2 saya mengenal diri saya……….

    mungkin ada yang …mengenal dirinya dulu …baru mengenal tuhannya…bisa beda2.

    usia kurang lebih 10 – 11 thn ….saya seperti diajak dialog sama tuhan ….makanya saya katakan ..klu saya mengenal tuhan dulu ….jam 9.00 pagi …riil bukan mimpi

    usia kurang lebih 30 tahun….jam 24 00….saya diajak berkenalan sama tuhan…ini riil bukan mimpi …( kenal namanya bukan zatNya ) bukan dari buku atau katanya orang ….di sulawesi ….anehnya saya di temui Eyang lawu di sulawesi ( di parani bhs jawa )…bukan di jawa. saya belum mengenal yang namanya guru atau ustad atau kyaiii, apalagi Eyang lawu saya ngak kenal.

    sebenernya …pohon kalpataru itu …( hati ) manusia……hati manusia itu hidup seperti pohon …perlu disirami dan di pupuk …gitu @ Kang culun.

    @Kang Wong samar ….
    saya hanya ingin menyampaikan aja Kang …..apa yang harus saya lakukan …akan saya lakukan …hasilnya saya pasrah kepada Allah SWT …

    seandainya saya sia2….itulah yg bisa saya lakukan @Kang …tuhan ku mungkin sudah cukup untuk tersenyummm…gituuu yaaa.. @Kang WS

    wasallam ….pnl

    1. kang pnl yg terhormat..marilah kita bersama-sama …mulai sekarang ! kita belajar dan mengamalkan ” cengkir ” (kencenge pikir ) menuju sang khalik…
      harta yg didapat sebagai sarana hidup!?
      bukan tujuan hidup!? jalan menuju keselamatan” hidup; sekarang dan mendatang karna prilaku(ahlaq) sejalan dg tuntunan agama.
      ” pintu surga terbuka karna ahlaq..bukan ibadah?
      ibadah hanyalah sarana menuju perbaikan ahlaq.
      kehancuran bumi tinggal 3 generasi, al mahdi /spsw/ba…sudah hadir ditengah kita..nunggu saatnya muncul sebagai pemimpin umat.
      tak ada pertanyaan yg tdk bisa terjawab, ?bayang2 diterangkan dg gamblang.
      :”membelah tanah jawa yg kedua kali, jin dan setan membatu manusia jawa dibawah perintah putra batara indra yg telah lulus weda jawa.

    2. oh gitu..? kang pnl..hehehehe..
      kalpataru itu hati?
      bukannya hati itu sebagai alat kehidupan?
      adakah manusia dan hewan yg tdk memiliki hati?
      mungkin maksud kang pnl “qolbu”???
      karna qolbu itu adalah hati dari jiwa kita.
      manusia yg ber ahlak baik, karna tercerahkan qolbunya.

    3. Iya qolbu bkn daging, dulu nb saw menjelaskan kpd org2 jahiliyah dgn istilah hati = daging, krn mrk tulalit dan culun,,,, lalu setelah org jahilyah sirna di hatinya, maka selanjutnya qolbu,,, para sufi, qolbu adlh nafas kehidupan “Aku dan engkau satu nafas”, spt itulah para sufi dlm setiap keseharian selalu sholaitim daimun ana insan kamil mukamil xi3

    4. Bi kanna makana wabi kannu maya kunu fa wu judul awalim bi (hanya dgn Aku segala sesuatu yg telah ada itu dpt terwujud dan hanya dengan Aku sj semua yg akan ada dpt terwujud)

    5. Fatabarokallahu ahsanal kholiqin dhohiru robbi wal bathinu abdi, ilalloh, huwallohu, huwa ruhhum (mh suci Allah pencipta yg paling baik, wujud tobbi itu ada bhatin abdi,,,)

      Laa ma’budhu bi haqqin ilalloh ushul dzoratul haq al insanu sirri wa anna sirrihu, wa sirri sifati wa sifatin laaghoiri ( pokok tempat kejadian hak adlh insan rahasiaKu dan aku rahasiaKu, dan rahasia sifatKu dan sifatKu tiada lain ada pdnya)
      Itu penggalan al fatiah betina

  19. culun dan PNL apakah ada hadist nb saw yg bilang “al mahdi TIDAK AKAN membagi2kan perbendaharaan harta berlimpah ruah …?” semau hadist nb saw tertulis AKAN MEMBAGI2KAN HARTA,,,,
    Lalu ada tertulis “kamu ngambil sendiri”, nah kalimat ini (ngambil sendiri) tentunya kalian kudu bisa memiliki ilmu untuk mengambil bersama al mahdi,,, tata cara ngambil ya sdh dijelaskan, kalian kudu bisa belajar mengenal diri sendiri dulu, mengenal tuhan mu sendiri, lalu mematikan diri sendiri (nol), sesudah meng NOL kan diri, mk engkau akan dituntun,,, sdgkan al mahdi akan muncul jika sdh ada tanda gerhana bulan matahari (bkn gerhana bulan sungguhan yg sering engkau liat di lamgit, tapi ini yg dimaksud adalah posisi yoga yg dimiliki oleh seseorg yg punya peran dan engkau yg diperankan), lalu berjalannya bintang daud (jadi seseorg yg berperan ini miliki telapak tangan tanda bintang daud (atau cawan majapahit), dia akan memutar tanda bintang daud dgn hitungan tertentu, lalu krn gesekan bintang tsb memunculkan cahaya terang benderang yg hanya bisa dilihat oleh engkau yg lg posisi NOL ,,,, gampang kan teorinya? dikatakan gampang itu jika engkau tdk tulalit atau culun ,,, ini aja penjelasan tulalit ttg cara cara atau metode ilmiah xi3 tulalit lg ngibul

    1. Kalau bercerita ttg hal hal tauhid, leluhur nusantara melalui simbol kinara kinari itu sdh tauhid,
      hanya saja engkau yg hanya tahu paham syareat saja, bakalan tulalit ,,, tp jika engkau sdh paham hakekat engkau tdk akan culun dan mudah memahami apa yg ditulis di candi candi termasuk ka’bah di arab sana (arab bukanlah a’rab sbg mana yg ditulis oleh sdr kita Mahyarudin ttg arab dan a’rab), semoga para generasi sekarang bs membuka rahasia tauhid peninggalan leluhur nusantara termasuk ttg kinara kinari, gitu,,, tulalit hanyalah tulalit, jika tulalit ngobrol dgn engkau, jgn lah kejang kejang marah2, sebab siapa tahu sy tulalit dan jgn tanya siapa guru sy, guru sy adalah pengetahuan, untuk apa punya guru manusia tp tak berpengetahuan, gitu lah barangkali xi3

    2. tulalit? sy tanya padamu ??? kalau saya sendiri sebagai al Mahdi , anda akan bilang apa??? hehehehe…
      yang dimaksud harta…itu adalah harta ruhani bukan harta dunia…..
      seseorang yang memiliki harta ruhani( kaya hati) secara otomatis hidupnya akan selamat dunia , akhirat.; dan mendapat kemulyaan disini dan disana!.
      kalau anda masih tidak yakin ? resiko ditanggung sendiri ..nanti kalau takdir hidup didunia berakhir….akan saya tengok nasibmu di alam barzah! karna saya diberi kewenangan untuk itu, dan aku tertawain bareng bersama malaikat zabaniah….wk.wk.wk.wk……

    3. Culun cerira alam basah lg, dasar culun, tulalit ini telah lahir kembali, udah gk disana lagi,,, nengok2 kesana mau ngapain, gk ada xi3
      Udah dijelaskan dlm hadust nb saw, org2 yg menerima harta tsb namgis minta dikembalikan hartanya dgn alasan malu kpd Allahu, kalau culun mengartikan harta ruhani lg, apa yg akan dikembalikan? xi3 dasar culun bahkan sampai2 org sulit bersodakoh, hilir mudik mencari org yg mau menerima sodakohnya krn si miskin sdh kaya semua,,, gitu
      Kalau culun mmg mengaku al mahdi coba praktekan ttg gerhana bulan matahari dan bintang berjalan,,, bisa gk culun? pengetahuan mu ttg ini blm ada hidayah xi3 culun tulalit harap jgn kejang2 marah marah membaca tulisan tulalit

    4. Tp tulalit yakin, culun org yg bijak, tdk suka marah2 kejang2 krn sifat arib bijaksana telah dicontohkan oleh nb saw dan sang bhuda, diludahi pun tak marah2 xi3

    5. tulit tadi malam katanya ada penomena alam gerhana…munculnya bulan kembar? itu info dari teman…ternyata di tempatku cuaca mendung.semendung hatiku….karna belum gajian…hehehehehe….
      secara teori itu fenomena alam…
      secara filosofis itu tanda hadirnya almahdi dan isa almasih?
      cahaya bulan di tafsirkan sebagai pencerahan…karna dua sosok itulah sebagai pencerahnya…isa almasih memberikan pencerahan pada umatnya…agar kembali pada ajaran tauhid…sedang al mahdi sebagai pencerah ajaran nabi sebelumnya maupun non islam.
      semua dirangkap oleh almadi karna masih memiliki jasad sebagai mercusuarnya. sedang isa almasih yang tdk memiliki jasad mendampingi al mahdi untuk si’ar..terhadap umatnya.

    6. kalo tulalit bisa silahkan di praktekkan ttg gerhana tsb?
      sebelum mendorong bulan? praktekan dulu ngedorong gerobak.hehehehehehe..

  20. Hi all! Salam cinta… 😀

    Ketika cinta sejati hadir… Emas dan permata tak lagi berarti… Percayalah… Kau akan terdiam bahagia walau dengan secuil cintaNya. Namun… Apa mau dikata… Ketika masih banyak pencinta dunia… Emas dan permatalah ujian terberatnya…

    1. Cerita akhir jaman ttg al mahdi, harta yg tersembunyi mmg hrs keluar, banyak org mencoba dan ada yg berhasil dan tdk berhasil, serta ada yg tertipu, walau pun yg mrk ambil bukanlah emas asli tp kuningan dsb ini fenomena yg ada, walaupun bkn emas tp itu bs sbg bukti bahwa yg disimpan di sejen alam, ada.
      Namun sebagian org umumnya termasuk keluarga dong bud berkata “mustahil ada”, namun karya sastra spt uga wangsit silihwangi berkata “pajajaran raib, kraton beserta isinya raib, dan disimpan di sejen alam”, begitu jd juga kerajaan2 lain, atlantis juga spt itu, banyak yg mencari jejak keberadaannya, tp buntu, frustasi hanya menemukan sejarah dan sejarah yg silih berganti. Tp nanti ada yg mencari dan terus mencari yaitu budak angon, tdk mengindahkan omongan org yg dpt gagak berkoar di dahan yg mati spt engkau warga dong bud yg berkoar2 gk jelas nyanyi nya burung gagak itu. budak angon tertawa mendengar yg melarang, sebab kenapa mrk tdk percaya atau bahkan berkata tak mungkin, uws menjelaskan “sebab mrk mencarinya tdk ada dasar, mencarinya tdk memakai amparan” lg an tak berilmu, dikit2 bicara tauhid tp jauh dari tau hid, hanya pintar bicara, Ketika negara dlm keadaan bangkrut krn dihuni oleh monyet2, budak angon dicari, knp dicari krn budak angon lah yg mengetahui rahasia lebak cawene, dia pergi bersama budak janggutan… Mungkin kira2 ktk negara utang numpuk, hampir2 pulau2 mau dijual oleh monyet2 krn gk bs bayar utang negara atau mungkin negara rusak poranda akibat bencana alam yg melanda hampir seluruh negara, budak angon lah tumpuannya untuk membangun kembali reruntuhan infrastruktur tsb, mungkin engkau tak butuh tp ada yg butuh, kira2 mungkin spt itu akhir cerita uga wangsit silihwangi (uws). Waktunya kapan? kata uws nanti setelah tujuh gunung meletus … masih lama mungkin atau barangkali analisa tulalit tdk benar krn tulalit xi3 tp santai sajalah sampai benar2 rahasia karya sastra leluhur tetungkap.

    2. satu lagi, tulalit pakai bhs bocah,,, kenyataan yg ada, jakarta misalnya, gk pernah sepi (kecuali pd hari raya idul fitri, jakarta ditinggal sebagian warga pd mudik pulang kampung), mungkin kang Bois tdk pencinta dunia,,, para pecinta dunia, mencari dunia, dari pagi sampai malam hari, tulalit wawancara “mas bro apa yg dicari dari pagi sampai malam hari?”, ms bro menjawabb” mencari sesuap nasi dan digenggam emas berlian! ” nah bener, ternyata mrk mencari harta senilai emas dan berlian
      artinya ketika dunia ramai, mk sebaliknya bhatin sepi, sebaliknya ketika bhatin ramai, dunia pum sepi”, tp harta memamg penting untuk kebutuhan keluarga, ceritanya ringan krn pakai bhs bocah dan kurang ilmiah, entahlah arahnya kemana gk jelas

    3. satu lagi dgn bhs bocah
      Jika hatimu spt logam mulia bkn lg kuningan mk pinangan mu kuterima, ini kata sang kekasih
      dan ternyat hati mu tak secuil pun mulia spt emas 24 !karat

      bs menambahkan syair ku?

    4. Siapapun dia… Jika mencari emas permata karena ingin mendapat ridha-Nya, tentulah ia bukan pencinta dunia. Namun… Jika ia sudah berhasil mendapatkannya… Seberapa kuat ia sanggup menahan godaan untuk tetap setia…?

    5. Setuju kang Bois, logam mulia adlh simbol pemuliaan, jika hatinya bengkok dlm urusan ini hasilnya pun tdk lg mulia,,, di sejen alam peninggalan leluhur itu bertumpuk tumpuk ditaruhnya, tumpukan yg paling atas adlh kuningan, di bawah tumpukan kuningan, emas, yg semakin kebawah tingkat kemurnian nya makin tinggi, di dlm al qur’an dijelaskan spt perumpamaan air hujan, mengalir ke bumi, di atas air ada buih, buih ini ya spt tumpukan paling atas, atau spt membuat perhiasan, buih di atas corcoran lelehan itu lah buih yg tak berguna, yg tak berguna (buih)sama dgn bhatil, dan yg bhatil akan lenyap, sedangkan yg hak (emas murni) akan tetap tinggal di bumi, inilah gambaran petunjuk al qur’an, untuk mendapatkan logam mulia,,, nah, dlm hal ini, knp mrk mendapatkan kuningan? krn mrk mengambil buih nya (yg bhatil),,, biasanya org tsb bkn ngambil tp hasil wirid, dlm cerita al mahdi, anda yg sdng berperan iru masuk gudang, di dalan gudang anda memilih sendiri,,, ini bedanya para pelaku yg sedg ngejar2 hal begituan, di luar gudang, gudang tetap tertutup, sampai datang org yg diperankan yaitu budak angon, yg silokanya pintunya batu satangtung, tertutup handeulum dan terimbuni handeuleum (telapak tangan budak angon yg dubawa kemana2 itu kunci untuk membuka), tulalit mengira atau barangkali spt iru menterjemahkan makna uga wangsit silihwangi, oleh krn itu masing2 org kudu bersinergi dgn budak angon

  21. Update tulisan Kinari Kinari.
    Tambahan beberapa gambar.

    Salam untuk semua rekan yang berdiskusi atau beropini di halaman ini ataupun halaman lainnya. Menulislah di tempat yang dianggap nyaman dan menyenangkan.

  22. MISTERI KINARA KINARI Versi Kang Beibe
    Penulis: Kang Beibei. Dicopy dari komentar di halaman Miisteri Kinara Kinari.

    Kinara dan kinari. Pertanyaan awal. Siapa yang membangun candi borobudur. Siapa pula yang membangun candi candi yg lain. Batu hitam apa tuh andesit atau batu gunung. Kalau bata merah pasti sdh jaman baru

    Kebanyakan candi tua dan purba menggunakan batu hitam. Lalu apakah benar bangsa ini leluhur ini sdh sangat pintarnya membangun struktur candi dengan teknik yg akurat bla bla bla. Lalu pahatan yang halus secara naturalisme. Lalu cerita yang tergambar begitu sangat asing dan terkadang tidak masuk akal. Hingga ada kalimat SECARA GAMPANG. Bahwa Candi Borobudur dibangun oleh Jin. Hadehhhhh

    Kinara dan kinari. Melihat bentuknya saja saya langsung teringat akan sesuatu hal. Raider of the lost ark. Thats its. Monyet angsa dan hewan lain bukan menjadi tanda pendamping dari pohon kalpataru atau pohon kehidupan. Remember with the Boa boa tree. Mereka para hewan sangat sayang dan melindungi pohon tersebut. Remember with the Boa boa tree. Big tree on Avatars movie. Avatar biru

    Ada sesuatu yang dipahami dan diketahui oleh para nenek moyang mengenai pohon kalpataru ini sehingga didokumentasikan dalam sebuah candi. Seharusnya kita sangatlah bangga dengan kerja keras para leluhur yang melestarikan pengetahuan mereka tentang suatu hal di masa lalu.

    Dalam film the Davinci Code ada tertulis “Di depan pintunya ada lambang laki laki dan wanita”. Dan berapa banyakkah lambang itu berada di Nusantara??? Silahkan hitung sendiri

    Lingga dan Yoni. Kinara dan kinari. Manusia burung. The fallen angel

    Ada sebuah relief di Prambanan. Melukiskan bahwa kinara dan kinari berada di sisi pinggir kiri dan kanan. Dari sebuah bangunan yang memiliki pintu di tengahnya. Tetapi ditengah pintu itu terdpat seekor binatang menyerupai singa. Kita ketahui bahwa didalam agama budha tidak mengenal istilah singa. Yang ada adalah barong atau barongsai.

    Di candi cetho patung singa ini lebih memiliki visual 3D drpd di prambanan yang hanya 2D. Patung singa ini berada di tengah pintu. Mengapa ditengah pintu??? Apakah dia berdiri disana? Ataukah menjaga pintunya??

    Kinara dan kinari serta kalpataru bukan apa apa dibandingkan dengan singa ini

    Mari kita simak penampakan dari barongsai. Apakah betul itu seekor singa?? Bagi saya itu lebih cocok dengan profil anjing ketimbang singa. Anjing yang cerdas pintar lucu gesit cerdik dibandingkan dengan singa yang tahunya cuma makan dan tidur saja

    So… Patung yang ada di candi itu sebenarnya adalah seekor anjing. Ohh haram.. Ya ya ya. Pembuktian terbalik Pahamkah??

    Didalam piramida mesir kita ketahui bahwa ada seekor anjing yang dijadikan patung. Namanya Anubis dan tahukah anda apa pangkatnya?? Pangkatnya adalah PENJAGA sama dengan anjing di relief kinara dan kinari ini. Ohh suatu kebetulankah??

    Bagi para healer yang mendalami tingkat healing meditasi spiritual di luarnegeri, mereka sangat paham dengan situasi dari seekor hewan yang bernama Anjing ini. Anjing ini bukan anjing sembarang anjing. Dan bukan anjing yang berasal dari planet bumi

    Pembuktian terbalik adalah. Anjing menggonggong kafilah tetap berlalu

    Kira kira begitu kang Wager sekelumit cerita soal kinara kinari. Buat ngramein saja. Yg mau menyimak silahkan, yg tdk juga silahkan. Saya tdk memaksa

    Gandeng wekdal sampun paripurno
    Monggo enggal enggal diunjuk
    Ndang mulih
    Hehe
    Salam

  23. Sugeng ndalu sedherek sedoyo rahayu
    Salam kang Wager rahayu
    Wah jadi malu nih. Tulisan mbelgedes abal abal kok dipasang hiks
    Super malu ini

    Gatel jg pengen nyambung
    Maaf kang Wager sdikit melanggar permintaan sendiri
    Harap dimaafkan dan harus
    Hihi

    Mengutip keterangan dr Ki Gendeng Banget. Jebakan betmen
    Borobudur sangat cool. Teka teki silang asah otak top deh.
    Borobudur adalah pengunci
    Menceritakan sebuah sarana untuk menentramkan alam
    Caranya adalah berada di kaki borobudur yg tertutup tanah
    Sementara kinara kinari beserta pohon dan hewannya adalah melambangkan alam yg selalu berpasangan.
    Yg tdk berpasangan adalah pintu berikut seekor anjing penjaga
    Itulah yg diperebutkan. Didalam pintu itu. Feeling saya masih seperti di awal
    Anjing ini menjaga sesuatu. Negatif dan positif saling berebut. Bahkan yg mbahurekso borobudur inipun tdk bs mengambil kecuali yg berhak
    Sdh cerita skenario besarnya begitu

    Kinara kinari dipahat untuk menceritakan bahwa sesuatu hal harus di pergunakan demi tercapainya sebuah kondisi alam semesta yg sangat baik
    Dilihat dr segala bentuk binatang yg ada maka dipastikan bahwa nantinya akan terjadi masa dimana tdk ada binatang yg membahayakan

    Saya tdk bisa bercerita banyak. Mohon dimaafkan

    Cinta adalah senjata paling ampuh di dunia. Bisa mengalahkan segalanya
    Dan itu yang dikehendaki Tuhan
    Untuk kang JS masalah air Brajamusti
    Semoga sdh paham dgn hal ini

    Istilah yg mengatakan bahwa wanita adalah tulang rusuk laki laki adalah benar tetapi hanya satu satunya ada dan terjadi di dunia sepanjang masa

    Perkawinan di lebak cawane
    Bumi yg penuh dgn air
    Bumi baru itulah lahan baru

    Tetapi sebelum semua itu terjadi
    Semua harus dikupas teka teki puzlenya
    Dan jebakan betmennya

    Apa yang tampak di depan mata bukan itu kuncinya melainkan apa yg tertutup

    Ibarat batu satangtung tertutup handelum dan hanjuang

    Sekalian nitip di ruang ini
    Apabila ada rekan yg sedang berkunjung ke borobudur andai tdk keberatan.. Mhon dicarikan dan diambil gambarnya. Sebuah relief yg sedang membawa tas. Atau sebuah tas wanita kecil. Dalam inggris biasa disebut clutch. Letaknya di dekat pintu masuk. Agak masuk dikit. Sebelah kiri
    Jikalau ada maka itu jg merupakan sebuah teka teki. Biasanya dihubungkan dengan alien pada masa lalu.

    Seandainya kita orang awam bs mengelilingi borobudur secara utuh
    Mungkin kita bs membentuk tim untuk mencoba memahami keseluruhan cerita. Sayangnya itu mustahil
    Karena bbrp bagian tdk dibuka untuk umum

    Bahkan sisi bawah yg terpendam sengaja tdk diperlihatkan

    Terakhir. Borobudur hanya tempat untuk mengkisahkan. Untuk sebuah cerita awal dan akhir
    Semoga komen saya ini tidak bermanfaat untuk disimak
    Rahayu sedoyo matur nuwun
    Suwun

    1. Salam Kang BB,
      Tentu saja komennya bermanfaat Kang, membuat imaginasi saya menjadi melayang ke berbagai tempat. Saya bego dengan topik misteri dan otak saya tidak jalan kalau diajak menghubung-hubungkan “sesautu”, jadi bagusnya saya nunggu cerita Akang atau rekan lain saja.

  24. hmmm…..baguss ….@Kang Wager jeliii …pertanyaan bagus …sebetulnya ….relief ….yang ada macan ( barongsai itu ) tidak terlalu penting …yg paling penting adalah relief diatas Candi Pawon “…itulah keadaan awal manusia awal manusia normal….kemudian relief yang ke 2……keadaan atau kondisi awal ke 2 manusia..

    1….kiri kanan ..kinara dan kinari ditengah ada rumah2 kecil yang dalemnya ada singa ( barongsai )….

    2. …kiri kanan…kinara kinari ..ditengah ada rumah2 kecil tapi singanya ( barongsai) nya kosong …..saya katakan kosong karena …reliefnya jika ada isi singanya ..rumah2 kecil itu pasti agak masuk kedalam …akan tetapi relief ini rumah2 kecil itu tidak dalam hampir rata dgn dasar dinding ….artinya singanya ( barongsai ) emang tidak ada alias sudah musnah….

    ini semua ….emang ada artinya…..

    ( artinya …manusia itu sangat2 berpotensi …….untuk menjadi sangat2 buasss…seperti singa …atau barongsai ……jika tidak diapit… atau dgn kata lain dikendalikan oleh relief kinara kinari …..sebenernya kinara kinari adalah contoh pengendalian diri manusia …untk Melawan HAWA NAFSU “…..jika sudah terkendali maka….relief yg ada barongsai …barongsainya sudah hilang …

    maaf @Kang saya ada gambar relief yg singa…………… ( barongsainya ) sudah kosong …ada saya filenya.

    ditas Candi Pawon ….begitu besar gambar relief kinara kinari ….itu juga ada maksudnya ….bahwa manusia harus melalui proses kinara kinari …baru bisa dikatakan manusia….

    arti Candi Pawaon …itu adalah ..KAWAH CANDRA DIMUKA …gitu ….itu khusus untuk pendidikan para pewira2 keatas ……atau sperti AKABRI …itulah artinya.

    maaf jika ada kata yg keliru …atau ada yg kurang berkenan …

    wasallam ….pnl

  25. dari seluruh candi borobudur ….dan candi2 lain ….menyimpan 1 ( satu ) pesan besarrr…..hehehe…bagi yang tahu ….saya angkat topi dan salam hormat saya.

    @Kang wager… masalah latar belakang ….siapa yg membuat tidak penting …yg terpenting adalah ….kita sibak rahasia dan pesan yg terkandung …apa sebenernya latar belang pembuatan candi2 tersebut .

    wsallam …pnl

  26. dia orang nya ..emang DEWA PERANG …..yaitu perang melawan….HAWA NAFSU …dia sangat disegani oleh musuh2nya…dewa sekalipun ….hehehehe

    rumah2 kecil itu …yang isinya…singa ( barongsai ) ..biasanyasih di peruntukkan manusia …atau ada patung manusia ….kenapa ..itu berisi ..singa atau barongsai ….ITULAH GAMBARAN KALAU MANUSIA SUDAH MELAMPAUI BATAS DAN MENGUMBAR HAWA NAFSU BERUBAH JADI SEPERTI HEWAN YANG BUAS ….(SINGA ). hehehehe….

    sebetulnya masih banyak yang harus saya kupas …mudah2an waktu …tidak harus secepatnya saya undur diri …karena semakin terbuka…agin semakin kencang ….

    sindiran apan buat saya …sesungguhnya itu hanyalah ke sia siaan …karena ..saya tidak pernah melakukan apapun ..atau bertindak seolah2 saya bisa ..saya hanya berdoa kepada tuhanku …

    seandainya anda menghina apa yang dilakukan oleh tuhan ku …awas ??…saya tidak ikut campur…karena saya tidak pernah merasa melakukan apa2…titik

    kalau seandainya anda mengatakan bahwa AVATAR yg asli bisa mengatur alam ….saya lebih percaya kepada TUHANKU ……bahwa Dialah sebaik baik pengatur alam …bukan saya atau diri saya.

    kesalah iblis ….sangat2 sepele …kepada tuhan….bahwa dia merasa ….lebih baik ….lebih mulia …lebih pinter …hahaha…dari pada bangsa mnusia …pilihan Tuhan sendiri …

    itulah salah satu pesan terpenting dari keseluruhan ..pembuatan candi2 ….

    kalimat yang benar nya yg saya tunggu ….apa pesannya.

    wasalllamm….pnl

  27. Selamat pagi warga dongbud
    Ratu Balqis (ratu dari selatan) itu org jawa, tulalit diminta mencari buah pandan yg panjangnya 30 sd 40 cm oleh beliau di desa cangkuang? haduh ngalamat jalan2 lagi… tanya temen2, kt mrk “mana ada pandan ada buahnya? pandan berduri memang ada aku lht di google emang benar,,, tp desa cangkuang itu di banten dan di garut. Cari2 lg di Garut,,, ketemu info desa cangkuang lokasinya di tengah danau, ada candi shiva ada majam mbah dalem arif muhammad,,, nah yg ini aja lokasi yg dipilih, lalu menurut google cangkuang itu sm dgn pandan,,, ini menarik untuk ditelusuri ttg sejarah candi di tatar sunda. Siapa mau ikut? mbah Waget apa mau ikut? ntar tulalit yg traktir dan menentukan waktunya. Kata ibu, buah tsb untuk menetralisir gangguan jin tapi mungkin ada manfaat yg lain krn org jawa mmg selalu samar, gemar memakai simbol yg penuh makna

  28. saya sekarang udah di malang beee…sejak pensiun dini …saya tinggal sama ibu saya beee…udah tua bee..

    tp beee…saya orangnya ..ngak tahu adat bee..lagian bodoh …jadi takut klu jalan2 kenegeri orang beee…

    saya emang ngak pernah tahu adat …lagian siapa yang mau ajarin ma guee…beee

    saya emang pernah dipertemukan dgn beliau beee….tp sy dibawa langsung ma nabi sulaiman …dan diperkenalkan beee…

    waktu berjumpa dgn saya …beliau cuman berkata …

    ” wahhh sudah besar yaaa….” terus nabi sulaiman …berkata ” ya .. bener inilah anaknya” …gitu…beee

    tp beee…ada yang saya ngak ngerti beee…..beliau ini ratu balQis atau ratu atlantis ….gituu…

    krn waktu kenalan ngak pernah disebutkan namanya ..beee……tp saya masih mengenali nabi sulaiman dari tongkat kecil yang diwanya seperti gambar relief di borobudur …beee…gitu.

    wasallam ….pnl

    1. Jika disimak pengalaman PNL udah cukup banyak, kita bs saling bersinergi menelusuri sutus situs tua spt candi borobudur, tulalit blm banyak bertanya kpd leluhur ttg borobudur, sekali waktu tulalit ktk lg kebingungan mencari info ttg siapa pemilik candi borobudur, menyempatkan diri untuk mengunjungi candi tsb, rute perjalanan di bekasi, cirebon dan magelang, yogya, du bekasi sowan ke mbah abdul jabar (kebetulan petilasan ada di vila nusa indah bekasi) beliau pesan “jangan lupa bw “kembang sekar jagad bandulannya kembang kamboja putih”, di cirebon tukalit mampir ke eyang fatahillah sunan gunung jati ke2, lalu ke syekh datul kahfi, tulalit bertanya kpd beliau (syekh datul kahfi, beliau sdh sepuh bicaranya agak cedal) dimana ada bunga cempaka putih? beliau memberi tahu, nanti di turunan tangga ada pohon, petik aja”, lalu lanjut ke makam raja2 imogiri, balik lg ke magelang, gk jauh dari candi borobudur. Msh blm tahu akan kemana langkah ku ini menelusuri siapa pemilik candi borobudur, tulalit sambil nenteng2 keris bethok pasangan candi borobudur (keris bethok ada 5 bh, ibarat arah mata angin, keris yg tengah yg tulalit bawa2. Tulalit dlm kebingungan nanya ke ms Ari, penduduk setempat “dimana ada makam tua, aku mau silaturahmi dgn yg dimakamkan disitu”, di atas bukit pajajaran ada makam tua. Lalu pagi2 tulalit pergi menelusuri bukit tsb, sampailah km ditempat yg dimaksud. Petunjuk yg didapat pemilik candi borobudur adalah ibu ratu sundari yg makam nya di makam raja2 imogiri, subhanalloh pdhl tulalit barusan kesana…akhirnya tulalit berdialog dgn beliau (ibu ratu dewi Sundari) beliau ramah sekali, memanggil sy anak, beliau memanggil yg dimakamkan disitu dgn panggilan kyai,,, lalu tulalit ditawarkan 2 pilihan, mau bertemu dgn bandung bandawasa atau roro jonggrang? Tulalit pilih Ibu roro jonggrang “aduh kasihan roro jonggrang msh dlm keadaan dikutuk oleh bandung bandawasa, beliau tertidur panjang ssmpai sekarang (hampir mirip cerita dikutuk jd patung, tp bkn spt itu di alam sana beliau tertidur mematung”, lalu tulalit merapal ilmu ajian cangkok kembang wijaya kusuma dan 3 x tepukan ke bumi, roro jonggrang terlepas dari kutukan, dia bsngun, dan teman tulalit yg dipakai raganya pun terjaga tersadar dari alam mimpi (NOL) demikian peristiwa di alam sana diceritakan kpd tulalit, lalu ibu ratu dewi Sundari memberikan PIN borobudur kpd tulalit no nya banyak angka 8888888 (rahasia), demikianlah kisah perjalanan tulalit, mungkin juga masing2 warga dongbud punya pengalaman masing2, suatu saat apa yg ada didlm rshasia borobudur akan bisa dismbil krn pin itu sdh ditangan tulalit dan bahkan rahasia tabut rahasia dimana ditaruh, tulalit jg sdh diberi tahu,,, perjalanan dan pengalaman tulalit ttg candi borobudur br sebatas itu, jika kita pandai bertanya tentu akan mendapatkan pengetahuan yg banyak

    2. bang tulalit? nape pegi kasane nyapein badan aje? nyamperin orang yg udeh! kagak ade…mendingan kerumah ay…aye suguhin kopi..hiks..hiks..hiks…

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s