Bom Bali: Adat dan Toleransi

Dongbud File. Copas Artikel. Terima kasih untuk penulisnya.

credit image : wikipedia
credit image : wikipedia

Penulis : Jean Couteau. Kuta, Bali, 12 Oktober 2002.

Waaaam. Suara maut terdengar sampai ke Denpasar. Dua ratus nyawa serentak diantar lidah api ke dunia seberang para arwah. Dalam sekejap, horor meliputi tempat-tempat yang kini entah sudah tiada atau meninggalkan kerangka suramnya: Paddy Club, Sari Club, dan sekitarnya. Menumpangi aliran sesat, Si Angkara Murka tiba-tiba hadir nyata, tak hirau kasih dan cinta mereka yang lenyap hangus tak bersalah.

Seusai maut menyambar, ketika masih terdengar ratapan tangis mereka yang luka, gema beritanya sudah dalam sekejap berkumandang sampai ke Jakarta, Moskwa, Adelaide, dan setiap pelosok dunia. CNN menggila, oplah Le Monde, NY Times, El Pais, dan Al Wetan naik mendadak. ”Indonesia di dalam cengkeraman kelompok militan…. Konflik peradaban… Bom teroris didalangi CIA”. Seakan-akan tafsiran bom Kuta bakal luput dari Bali untuk menjadi komoditas pertarungan politik internasional.

Sementara itu di Bali, bagaimana? Puluhan orang diduga tewas. Puluhan lain terluka, terbakar dengan mengenaskan. Belakangan diketahui, seusai pekerjaan forensik, bahwa jumlah keseluruhan korban adalah lebih dari 200, di antaranya 39 orang Indonesia. Bali shock! Keluarga-keluarga berduka. Bali dan Indonesia berkabung. Meskipun demikian, secara lokal, setelah ledakan maut itu, apakah terdengar seruan dendam di dalam dan dari luar banjar? Tidak! Lalu, apakah tersebar berita adanya masjid yang dibakar? Tidak juga!

Belasungkawa

Bali berbelasungkawa, tetapi tidak diam. Kelompok-kelompok relawan dan LSM, yang saat itu tak terdengar namanya, tahu-tahu langsung hadir membantu para korban. Yang paling cepat tiba di lapangan, konon, ialah relawan bimbingan Pak Haji Bambang, yang tak rela Islam dicemari oleh pelaku bom. Persaudaraan baru dibangun di dalam pembagian ratap tangis, saling bahu-membahu mencari keluarga yang hilang atau luka.

Jadi bom dijawab dengan ajaran Tatwam Asi, yang menyatakan ”Kau adalah Aku”. Dan memang, faktor ”kultural” adalah yang apriori paling menarik diangkat sebagai penjelasan atas reaksi lunak masyarakat Bali: bila masyarakat itu menolak wacana kebencian, tiada lain ialah karena perangkat pemikiran tradisionalnya menyediakan sarana tafsirnya.

Bom Kuta tidak ”dibaca” oleh kebanyakan orang Bali dengan teropong identitas modern, sebagai serangan terhadap Bali, tetapi melalui kerangka pemikiran kosmis agama Hindu-Bali, sebagai pertanda gonjang-ganjing semesta. Hal ini diperkuat oleh kejutan peristiwa itu, yang hadir secara mendadak di tengah suasana sosio-ekonomis yang relatif nyaman, di mana sumber kegelisahan lebih bersifat ”moral” daripada ”sosial”. Maka, bom ”dibalas” bukan dengan wacana kebencian, melainkan dengan cara yang paling indah nan paling ”Bali” pula, yaitu melalui ritual yang membersihkan dunia dari angkara dan keletehan (kotor).

Ritual agung tersebut ialah Pemarisudha Karipubhaya, yang diselenggarakan pada 13, 14, dan 15 November 2002. Kala itu, mantra-mantra pembersihan yang dilantunkan oleh para pendeta diiringi kelintingan genta magisnya serta-merta menghilangkan kegelapan yang telah meliputi pulau yang ingin tetap disebut sebagai Pulau Dewata. Bali menjadi hening dan damai.

Kini, sepuluh tahun setelah peristiwa ini, Bali tetap damai. Apakah karena kekuatan mantra? Boleh jadi. Apakah karena kekuatan mental masyarakatnya? Boleh jadi pula. Apa pun halnya, tak tersangkal bahwa ”kearifan lokal” telah menjadi penampung yang efisien dari guncangan teror yang telah menimpa Bali. Tradisi telah berfungsi sebagai perekat dan alat tafsir terbuka. Hal ini mesti disyukuri.

Tetapi belum tentu tafsiran tradisi hari esok bakal senantiasa ampuh menanggulangi guncangan-guncangan mendatang. Urbanisasi, perubahan komposisi etnis penduduk, dan aneka gejala dislokasi adat menuntut instrumen penanggulangan intelektual yang modern juga. Jangan-jangan over-idealisasi adat, di Bali dan di mana pun juga, menutup kemungkinan itu.

October 8, 2012 at 9:27am

www.kompas.com

.

Credit image : Metronews.com

.

416 thoughts on “Bom Bali: Adat dan Toleransi

  1. Bukankah ttulis lebih sulit mberikan firman kepada orang bebal daripada memasukan onta ke dalam jarum………..u/ mereka yg seperti ini cukup kibaskanlah lengan baju atau jubahmu yg artinya tinggalkan mereka dan biarkan menjadi seperti yg mereka inginkan.

    Saya berharap tidak ada postingan lanjutan untuk tulisan ini, karena dikuatirkan hanya memberikan kebencian satu sama lain khususnya mereka yg tidak mau mengerti arti sebuah toleransi. “tolong jangan suruh dia ke gurun….karena nasibnya hanya menjadi budak tidak lebih, di sisi dunia sana masih saja ada yg beda2kan status: raja,bangsawan, budak, wanita dan pria”

    salam damai buat semua

    1. Kl mereka tdk mencacimaki Islam sdh sya tinggalkan mah perdebatan ini, tp berhubung mulut mreka msih ngebacot, akan saya tampar trus mulut mereka!
      Siapapun itu!

    2. (Surah Ya-Sin 36:77)
      Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setitik air (mani), maka tiba-tiba ia menjadi PENANTANG yang nyata!

      (Surah Ya-Sin 36:78)
      Dan ia membuat perumpamaan bagi Kami; dan dia lupa kepada kejadiannya; ia berkata: “Siapakah yang dapat menghidupkan tulang belulang, yang telah hancur luluh?”

      (Surah Ya-Sin 36:79)
      Katakanlah: “Ia akan dihidupkan oleh Tuhan yang menciptakannya kali yang pertama. Dan Dia Maha Mengetahui tentang segala makhluk.

      (Surah Ya-Sin 36:80)
      yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu”.

      (Surah Ya-Sin 36:81)
      Dan tidaklah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi itu berkuasa menciptakan yang serupa dengan itu? Benar, Dia berkuasa. Dan Dialah Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui

    3. Mana sumpahmu hai orang beriman yang bernama id Pembela…..

      Kutantang dirimu soal kebenaran sesungguhnya dengan mengambil atau mengangkat sumpah , saya tidak akan mundur untuk bergeming meskipun anda memakai dan bersembunyi dibalik sosok yang anda anggap sebagai tuhan anda , dia yang namanya ALLAH….

      Saya yakin bahwa Allah mu tidak sama dengan dengan Tuhan Pencipta Alam Semesta…..

    4. mau nampar?? tampar aja tuh si muka mad lalu muka monyetmu sendiri nyet,

      kamu seharusnya berterima kasih udah kami jewer ewer ewer, kamu aja yg dongok kagak ngerti, telingamu bebal seperti monyet, monyet aja lebih pintar, emang kamu tuh tai monyet.

      denger ya budeg! kamu nggak perlu ngajarin kami membaca itu isi kitab, kamu pikir kami bodoh kayak kamu monyet?!! hanya membaca lalu menelan mentah2 tanpa mencerna?!!

      tukang copas ayat tai loe monyet.

  2. Pembela Front Preman Berjubah Indonesia,bilang saja, nggak usah malu-malu ,FPI ini nggak beda dengan DII, yang mau mengganti NKRI dan Pancasila menjadi Negara Islam Indonesia. Gitu aja kok muter-muter omongnya kutip ayat ini itu.

  3. Wahai manusia..
    Aku kecewa telah menciptakanmu,kecewa berat..
    Ea.ea.ea..
    Pembela rupanya kamu sudah tidak sabar ingin jadi mönyet? Terkutuklah kamu dan seluruh keluargamu aku kutuk jadi monyet..anynemouse kamu manusia batu,bebal otakmu. Maka aku kutuk dirimu jadi batu. Krhisna kamu juga aku kutuk jadi toke abu abu, biar diburu orang2 stress,kamu mahal harganya ..
    Manusia tak berguna semua..
    Akulah TuhanMU.
    Bagaimana Tuhan bisa ngetik?
    Kamu saja Aku ciptakan?
    Aku hadir atas kehendaku sendiri.

  4. Wahai manusia..
    Aku kecewa telah menciptakanmu,kecewa berat..
    Ea.ea.ea..
    Pembela rupanya kamu sudah tidak sabar ingin jadi mönyet? Terkutuklah kamu Aku kutuk kau jadi monyet..
    anynemouse kamu manusia batu,bebal otakmu BODOH. Maka aku kutuk dirimu jadi batu. Krhisna kamu juga aku kutuk jadi Toke abu abu, biar diburu orang2 stress,kamu mahal harganya ..
    Manusia tak berguna semua..
    Akulah TuhanMU.
    Bagaimana Tuhan bisa ngetik?
    Kamu saja Aku ciptakan?
    Aku hadir atas kehendaKU sendiri.
    Dan yang punya blog sesat ini akan kubakar hidup2. Rumahnya dirinya dan semua keluarganya jika dalam 1x24jam tidak menutup blog setan ini. Aku memantaumu Wahai semua makhluk di seru sekalian Alam semesta.

  5. kamu membela siapa?
    Aku tidak butuh dibela oleh siapapun. Apalagi oleh manusia songong yang tidak tau sopan santun kaya monyet nyat nyet.
    Akan kupenuhi janjiku, bahwa semua akan Ku terima, apapun agamamu asal Kalian ada dijalan yang benar.
    Azabku amat pedih.
    Dimana saat air sungai Aku keringkan. Air laut aku naikkan.
    Cukupkah usahamu manusia? Membuat benteng disetiap pantai dari ujung barat sampai timur. Kalian tinggikan 10m. Aku tinggikan 30m airku. Kalian semua Laknatullah. .

  6. mulutmu mencerminkan hatimu.
    Apakah Aku TUHANMU mengajarkan kamu dan kalian untuk saling menghina,mengejek,memfitnah,bahkan saling membunuh? Tidak,sama sekali tidak.
    Aku memerintahkan kalian untuk membela dirimu dari aniaya,jika perlu berperanglah,namun jika kalian telah mengalahkan musuhmu yang menganiayamu ,berikanlah hukuman setimpal padanya. Tangan dibalas tangan. Kaki dibalas kaki. Namun jika kalian memaafkan mereka itu lebih baik.
    Aku tidak ciptakan kalian untuk hidup sia sia. Aku menyenangi orang orang yg berfikir. Tembuslah langit jika kalian memiliki daya dan kekuatan. Aku sudah genap janjiku,maka akan kugenapkan janjiku. Aku akan datang pada dunia. Pada semua makhluKU.

  7. kata kata kalian sungguh bodoh
    Kalian kira dirimu adalah kuasa atas hidupmu.
    Tidak. Sekali kali tidak. Akulah yang menciptakanmu.akulah yang mengikat buhul ruhmu. Sehingga Kusimpan dan kujaga ruhmu saat kau tertidur pulas.
    Apakah kalian sadar,tidak.
    Apakah kalian punya kuasa atas ruh kalian,tidak.
    Jika Aku berkehendak ruhmu tidak Aku kembalikan pada ragamu.
    Maka janganlah sekali kali kalian merasa memiliki kekuatan. Semua ada pada GenggamanKU.
    Maka jadilah manusia yang benar yang baik dalam memenuhi bumi ini.

  8. Akulah Allah ..
    Aku Esa.
    Jika ada Tuhan selainKU. Maka dunia ini niscaya hancur lebur.
    Maka Aku sengaja menciptakan jin. Syaiton dan para iblis
    Tiada lain sebagai penguji diri kalian. Apakah kalian memenuhi perintahKU atau tidak. Jika tidak? AzabKU teramat pedih.

  9. pembela.
    Siapakah yang kau bela? Aku?
    Tidaklah demikian. Janganlah kamu jadi manusia yang BODOH.
    Belum tentu yang kau sangka baik dan baik MenurutKU.
    Karena Aku Tuhanmu dan kalian semua. Aku lebih tau tentang diri kalian dari kalian sendiri,karena Aku menciptakan kalian..
    Orang ingkar dan sesat hanya memperguncingkan hal yang tidak berguna. Menurut mereka benar.belum tentu menurutKU.
    Jagalah cara bicara kalian. .kalian ini bukan binatang. Kalian adalah manusia yang Aku ciptakan dengan kubedakan dari makhlukKU yang lain. Kalian kuberi Otak.
    Maka Gunakanlah Otakmu dgn benar.

    1. (Surah Al-Hajj 22:3)
      Di antara manusia ada orang yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan dan mengikuti setiap syaitan yang jahat,

      (Surah Al-Hajj 22:4)
      yang telah ditetapkan terhadap syaitan itu, bahwa barangsiapa yang berkawan dengan dia, tentu dia akan menyesatkannya, dan membawanya ke azab NERAKA.

      (Surah Lukman 31:6)
      Dan di antara manusia (ada) orang yang
      mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh AZAB yang menghinakan.

  10. Apakah kalian lupa dengan keadaan sulaiman putra daud. Aku lebihkan dia dari manusia lain. Aku berikan dia ilmu mampu terbang.berbicara dengan binatang,menundukan seluruh bangsa jin dan syaiton!
    Namun dia lupa? Akulah Raja alam semesta.
    Saat cincinnya hilang dan kuhilangkan. Dia sulaiman tiada punya daya kekuatan apa apa. Maka dia bertoubat dalam 41hari hitungan manusia. Maka Aku terima toubatnya. Karena dia adalah rosulKU. Dan Aku adalah Maha Pengasih dan Penyayang..

    1. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi”. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)”, (Al A’raaf 172)

      “Segala yang ada di bumi itu akan binasa.
      Dan tetap kekal Wajah Rabbmu yang
      mempunyai kebesaran dan
      kemuliaan.” (Ar-Rahman: 26-27)

      “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak
      disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal
      lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya);
      tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-
      Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang
      dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-
      Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di
      hadapan mereka dan di belakang mereka, dan
      mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu
      Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

  11. ayat ayatKU kuwahyukan bukan untukKU.
    Tetapi untuk kalian wahai manusia.
    Janganlah kalian jadi BODOH.
    Dan jangan mengolok2 ayat2Ku.
    Dan jangan menambah atau mengurangi kalimatKU.
    Apakah ada kalimat * Nyat nyet* dalam wahyuKU?
    Janganlah jadi manusia TOLOL.
    Wahyuku penerang bagi kalian..!

    1. “Apabila seseorang berbuat dosa yang sepadan dengan hukuman mati, lalu ia dihukum mati,kemudian KAU GANTUNG dia pada sebuah TIANG,maka janganlah mayatnya dibiarkan semalam-malaman pada tiang itu, tetapi haruslah engkau
      menguburkan dia pada hari itu juga, sebab
      seorang yang digantung TERKUTUK oleh Allah.
      (Ulangan 21:22-23).

    2. “Dan semua seteru-Ku ini, yang tidak suka Aku menjadi rajanya, bawalah mereka kemari dan BUNUHLAH MEREKA di depan mata-Ku”
      (Lukas 19:27).

      BANTAILAH MUSUHMU! JANGAN KAMU MENGASIHI MEREKA!

      (Ulangan 7:2)
      Dan apabila sudah diserahkan tuhan YHWH mu akan mereka itu di hadapanmu, dan kamu sudah mengalahkan mereka itu, MAKA HENDAKLAH kamu MEMBINASAKAN mereka itu sama sekali, jangan kamu berjanji-janjian dengan mereka itu dan JANGAN KAMU MENGASIHI mereka!

  12. Apakah kalian kira kalian mengetahui semua?
    Tidak. Sekali-kali tidak.
    Ilmuku jika kalian tulis dengan tinta yang banyaknya 7 lautan,niscaya tidak akan habis ilmuKU. walaupun jika kalian tambah tinta itu sebanyak itu lagi,tetap IlmuKU TIDAK AKAN PERNAH HABIS. Akulah penguasa yang Nyata maupun Ghaib,didaratan maupun dilautan.
    Semua dialam semesta ini Akulah yang menciptakan.
    Aku meridhoi islam . Namun Aku lebih meridhoi manusia yg berjalan didalam jalan kebenaran.
    Jangan jadikan agama agama dn kepercayaan menjadi bumerang dalam hidup diri kalian.
    Jangan tersesat dan kembali kebelakang setelah kebenaran datang.

    1. “Dirikanlah bagi anak-anaknya tempat pembantaian, oleh karena kesalahan nenek moyang mereka, supaya mereka jangan bangun dan menduduki bumi dan memenuhi dunia dengan kota-kota.”
      Yesaya 14:21.

  13. Hadapkanlah wajah kalian kemanapun kalian inginkan. Karena dimanapun arahnya yang kau tuju Disitulah WajahKU.
    Aku cahaya alam semesta.
    Aku cahaya diatas cahaya.
    Siapapun kalian mau nasrani majusi atau penyembah dewa sekalipun kalian tetap Aku terima asala ada dalam jalan Kebenaran..
    Mintalah perlindungan hanya KepadaKU. Dari godaan syaiton yang terkutuk.

  14. wahai manusia.
    Dimanapun kalian berada.
    Dalam berdiri
    Duduk
    Terbaring
    Atau dalam keadaan apapun maka Bertasbihlah
    Subhanallah
    Maha Suci Allah
    Jagalah hati. Jangan kau nodai.
    Jangan sampai hatimu terkunci mati..dari kebenaran hakiki.
    Maka siapakah yang akan menolongmu selain Aku!!

  15. Pembela Islam ? Itu sekarang perang berkecamuk di Suriah dan Irak. Muslim-muslim disana saling membantai : Muslim ISIS melawan orang-orang suku Kurdi dan pasukan Suriah yang dibantu Hezbollah. Turki kebanjiran lebih dari 1,5 juta pengungsi. Lebanon yang berpenduduk cuma 4,5 juta harus menampung sekitar 1 juta pengungsi dari Suriah.

    Islam mana yang akan dibela Pembela Islam ???

    1. Sok tau kamu tuch!
      Media2 barat anti Islam yg jd sumber kamu?
      Bodoh!
      Saat Muslim Irak dibantai kafir kristen amerika kamu kemana? Kok diam?
      Apa saat itu kamu msih jd bayi monyet ??

  16. Pembela Islam ? Muslim yang memerangi sesama muslim akan dipanggang di neraka nanti. Muslim-muslim yang saling membantai di Irak dan Suriah itu apa berpedoman pada Al Quran dan hadis yang sama ??? Ini perang antara KAFIR dan muslim kah ?? Sesama MUSLIM saja tidak bisa …akur, kok mau khotbah di Indonesia melawan kemaksiatan. Ngaca dulu …

    1. Nggak ada Muslim sm Muslim saling perang, ngarang aja kamu kyk kafir barat biadab !
      Yg ada itu Muslim diperangi oleh kafir Syiah sesat, lalu saat Muslim melakukan perlawanan,maka diliputlah oleh media kafir dan diputarbalikan faktanya.
      Kamu ini mmg monyet bego!
      Korban media anti Islam kamu itu!

    2. arab dan arab saja yg kau bela, taik loe

      tipe macam mental budak spiritual bangsa arab, hidup enak2an di indonesia tapi tak pernah berterima kasih pada bumi pertiwi yg membesarkannya dan memberinya penghidupan

      memang anjing babi taik loe monyet

    3. Knp kamu anti arab?
      Knp nggak anti Vatikan atau India serta cina gitu?

      Apa krN Islam diturunkan diarab lalu kamu membencinya?
      Kl berani silahkan kamu benci arab dimarkas Fpi, biar kami salib pecundang kyk kamu disana, spa tau stelah disalib kmu dijdikan tuhan jg oleh binatang domba ! Haaaa

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s