Renungan Sesat Agama Sentoloyo

RENUNGAN SUCI SESAT AGAMA SONTOLOYO.
Agamaku ternyata bukan Agamaku

Penulis : Paman Dalbo

Lagi lagi tulisan ini adalah sekedar opini yg di ilhami dari dilemma pribadi Paman, jadi nggak perlu pembaca ikut2an berdilema seperti ini dan nggak perlu juga di percaya, kata mbah Wage itu sesat..sat. Khususnya bagi kaum yg sdh beriman agar jangan sampai larut oleh godaan Syaiton Paman yg terkutuk ini.

Sampai detik ini Paman tidak berani lagi mengakui Agama yg selama ini paman anut turun temurun itu sebagai Agamaku, ini bukan karena Agama Paman itu di pilihkan orang tua , namun ada faktor2 lain yg membuat Paman merasa kurang sreg/pas dg pengakuan2 itu.

Apakah dg ikutan menumpang mobil milik tetangga kita termasuk  ikut memiliki nya? Apakah dg memeluk meluk si Bahenol yg baru kenalan di Mall minggu yg lalu otomatis si dia jadi milik kita??? Hhhhmmm pinginya Paman sih begitu.

  • Ponakan: Walah walah Man kok mbulet saja apa sih hubunganya mobil, Si Bahenol dg Agama? Langsung saja bag, bug bag bug gitu lho!

PD: Sabar to Le..itu cuma intermeso saja, dari dulu sejak zaman rikolo bendo kalau ngebahas yg namanya agama itu ya memang mbulet ruwet gitu le…

Agamaku

Dilihat dari tatabahasanya kaliamat di atas terdiri dari dua kata yaitu Agama dan ku. Agama=Objek sebagai kata benda abstrak ,sedangkan Ku= sebagai subjek yg menerangkan ke pemilikan, contoh yg lain, Sepedaku, uangku, rumahku, selingkuhanku dll.

  • Agamaku ternyata bukan Agamaku,..lhoh..apa ini maksudnya?

Beberapa faktor yg menjadi alasan al: Paman tidak ikut terlibat dalam proses  pembuatan sampai jadinya Agama yg pernah Paman akui itu, 2, nama Paman juga tidak tercantum dlm kitab2 nya, apa lagi sertifikat kepemilikan.

Apakah dg meyakini atau mengakui  sesuatu akan dg otomatis kita jadi ikut memilikinya? Atau hanya (rumongso) merasa saja memilikinya? Kalau kita mengidolakan Tim Barcelona sampai menjadi fanatik , ikut2tan jotos2an sampai bacokan dg pengemar Tim yg lain, lalu apakah Barcelona dg otomatis adalah Tim sepak bola kita??? dg kata lain apakah kita ikut memilikinya?  Lhah..di bayar piro???

Kalau kita memiliki sebuah CD music yg tlh kita beli di toko dg uang yg pas pasan lagi, tentu dg otomatis CD itu  telah jadi milik kita bukan? Jelas dong, eiiitss..tunngu dulu, jg keburu kebesaran jidat, sadarkah bahwa kita hanya berhak sebatas memiliki CD itu saja bukan hak ciptanya, apa lagi meng copy nya, itupun kalau kita beli yg original, ironisnya kebanyakan dari kita beli yang nggochengan atau cukup down load gratisan lewat internet.

Izinkan Paman berkhayal sejenak. Andai sj Paman seorang Pujangga,Begawan, Nabi atau apa sj lah istilahnya  yg telah berkiprah pada Zaman Paman sendiri, sampai suatu hari paman menerima inspirasi, Ilham, wahyu, dawuh, wisik  dll, lalu Paman jadikan semua itu pedoman, menjadi sebuah Agama yg paman beri nama “ Sontoloyo” di mana agama sontoloyo nanti yg akan mengantar dan membawa Paman ke kehidupan dinia dan akherat,lalu perlahan lahan orang2 mengikuti jejak2 Paman.  Apakha orang2 ini dg otomatis ikut memiliki Agama “Sontoloyo” yg telah paman rintis sekian lama??? Lhah…wani piro???

Atau orang2 ini hanya pengikut2 yg setia saja sampai rela mengorbankan segala galanya demi sesuatu yg mereka betul2 tidak memahami  seluk beluk dan proses2nya. Maaf izinkan Paman kutip sepenggal ayat  yg berbunyi  “Lakum dinukum waliyadin “terjemahan (bagiku Agamaku , bagimu agamamu = Agamaku bukan Agamamu ) jelas bukan????

  • Ponakan; Jadi Man, kalau kita masuk sebuah Agama rumah, itu belum cukup legitimasinaya untuk rumah itu menjadi milik kita?

Paman: kira2 begitulah, walaupun si tuan rumah bahkan  pembantunya selalu bilang anggap saja rumah sendiri, lalu kita bersikap seperti apa yg tuan rumah tuturkan, makan minum, berak,ikut ngepel, sekali kali meluk meluk anak tuan rumah yg bahenol tadi, bahkan kadang ber laku melebihi tuan rumah sendiri tetep saja itu bukan rumah kita le.

Agama Vs Spiritual

Spiritual: yg asal katanya dari bahasa yunani kuno “ Spiritus” yg arti harafiahnya adalah nafas, kemudian berkembang menjadi soul/Jiwa, ghost/ ruh, nyawa dll. Lain halnya dg Agama, spiritual disini tidak perlu pengakuan, atau aku mengakui.

Diakui atau tidak bahwa setiap manusia sejak lahir procot telah memiliki spirit, jiwa, nyawa, sukma  dan apalah istilahnya, tinggal mau di apakan atau di kemanakan jiwa, atau spirit itu.  Mau di olah, di diamkan, di merdekakan di penjarakan, terserah individu masing2

Bukan hanya pada manusia saja, spirit adalah sebuah live forces yg paling otentik ada pada setiap kehidupan, meskipun binatang yg kita anggap sekeji apapun,

  • Ponakan:  jadi Man apa maksud dan tujuanya ber spiritual?

PD:  Karena spirit adalah sebuah bukti otentik atau sertifikat hidup yg di serahkan oleh Hyang Maha hidup kepada setiap mahluk hidup,  tentu sj untuk mencapai Hyang Maha Hidup adalah dg laku Sepiritual, tubuh  ini adalah kendaraanya, sedang bahan bakarnya adalah budhi pekerti.

  •  Ponakan: Walah walah Man kok jadinya malah promosi keyakinan.

PD: Paman tidak bermaksud begitu,  dari awal sudah Paman bilang ini hanya opini saja jangan di ikuti.

Tidak Semua Agama itu Sama.

  • Ponakan: Man Sampeyan ini  sudah bener keterlaluan yang namanya agama dimana mana ya sama saja, untuk menuju ke Tuhan cuma caranya yg ber beda beda.

PD:  lah.. justru ini le paman semakin bingung sampai mumet,  sama tapi kok berbeda , berbeda  tapi kok sama jangan jangan ini Cuma ilusionis atau sulap saja.

Kalau semua agama itu betul sama tentu tidak akan pernah ada konflik ttg agama to? lah apanya yg di konflikan kalau sudah sama? Atau orang2 hanya menghibur diri  saja, dg kata2 kalau semua agama itu sama supaya tidak terjadi konflik, ehh kok kenyataanya malah jadi sebaliknya, atau mereka  memaksakan diri untuk menyama nyamakan sesuatau yg memang nggak sama?

PD: coba to le.renungkan, lah bahasanya saja berbeda, asal usulnya berbeda, ritual2 nya juga berbeda  Ibarat obat jelas mereknya berbeda, bahan bakunya juga berbeda demikian juga kasiat dan efek sampingannya.

Percaya nggak le kalau obat itu tidak hanya menyembuhkan tapi juga bisa membunuh. Kamu tahu nggak  Le apa yg membedakan antara obat dg racun?

  • Ponakan: apa Man?

PD:  Bedanya ada di dosis dan juga masa expire nya.

       Ponakan: kalo begitu berbahaya dong yang sdh  kadaluarsa  man?

PD: Jelas!

.

341 thoughts on “Renungan Sesat Agama Sentoloyo

  1. Pilih mana : Raja Super Adil tapi bikin susah orang lain, bikin onar,atau Setan Alas/Kober/Gundul/Pocong, dll, tapi tidak mengganggu siapa2 bin adhem ayem ? Saya ? Saya tidak punya masalah dengan siapa2, termasuk setan2 … Jadi, ah, apakah arti sebuah nama ? Kata oom siapa itu mawar dengan nama lain ya tetap wangi . Sebaliknya, tahi kambing diberi nama mawar atau melati ya tetap … bau.

  2. Nuwun:
    Hai semuanya;

    Bois:
    Sekedar renungan:
    Terkadang kita tidak menyadari apa yang kita lihat. Terlihat surga padahal ia neraka. Terlihat neraka padahal ia surga. Terlihat madu padahal ia racun, terlihat racun padahal ia madu. Kita pun terkadang marah lantaran melihat orang tampak memberikan racun, padahal sebenarnya ia memberikan madu. Dan kita terkadang senang ketika orang memberikan madu, padahal sebenarnya ia memberikan racun.

    Waspadalah! Semoga kita benar dalam memilih dan berpihak, Amin….

    _____________________________
    PD: terima kasih , dengan demikian tidak cukup hanya dg melihat saja tuk mengetahui suatu kebenaran dlm kenyataan hidup,
    untuk itulah di butuhkan juga untuk mengerahkan semua indra kelima bila perlu ke enam sekaligus, plus, nalar.
    suatu keyakinan yg di anggap paling benar pun oleh, pengikutnya perlu di uji secara kritis ( kata sdr Oon) dg menggunakan mekanisme yg Paman sebutkan di atas.
    seperti yg Paman katakan di topik tulisan ini, dimana antara Obat dan racun hampir tidak ada bedanya.
    madu pun bisa menjadi racun kl sdh kadaluarsa, racunpun bisa menjadi obat dg dosis yg tepat, obatpun akan membunuh dg dosis yg berlebihan.
    semoga mudah di fahami.

    Asah asih asuh

    PD

  3. Salam Mas Bois……..

    Masalah kemanusiaan dengan segala sifatnya tidak segampang menebak arus listrik atau tidak segampang ilmu mekanik atau ilmu kebendaan yang lain…..dengan teori dan tepat dan juga dengan jam terbang seorang ahli dalam bekerja maka dia bisa menduga bagaimana awal dan akhir dari rangkaian elektrio atau mekanik dan bahkan bisa menganalisa dan mengambil kesimpulan…apakah rangkaian audio layak pakai / suara bagus atau berisik banyak noise distorsi dan bising bikin kepala cenut cenut…

    Bicara tentang manusia dan hidup supaya tidak menimbulkan masalah untuk dirinya dan orang lain sebenarnya hanya memerlukan satu niat saja yang tidak boleh dilanggar sedikitpun yaitu JUJUR dan mendengar NURANI……

    Saya tidak bisa untuk menelusuri jalan yang seharusnya tidak jauh dengan cara yang mbulet dan berputar putar , maunya saya lempeng lurus dan itu artinya tempo dan jarak lebih pendek….cepat sampai….tidak sering tingak tinguk tolah toleh yang tidak perlu…..

    Agama bagi saya menjadi timbul dan ada karena yaitu tadi banyak orang sudah melanggar hati nurani , melanggar sifat alam diri jasadnyaya , melanggar alam pikirnya dan siapa yang sering melanggar itu.??/ yaitu para raja atau yang mempunyai kekuasaan lalu melindas dan menindas rakyat kecil dan dampak dari ini adalah kesengsaraan karena ini adalah penjajahan dan perampasan hak hidup manusia / masyarakat…….

    Agama menjadi timbul ada karena banyak penguasa yang dholim atau suku suku yang suka perang , berbunuh bunuhan untuk berebut nikmat dan kebutuhan hidup dengan cara yang kasar dan brutal dan mungkin sifat mereka seperti lebih rendah dari binatang …sudah tidak punya akal dengan benar….. silakan untuk dibantah…itu semua adalah fakta sejarah……

    Bang Bois menduga JS tidak memahami apa yang Mas Bois sampaikan maka saya pasti menjawab . Mas Bois mungkin juga tidak memahami faham JS….kita memang seperti tidak sejalaan untuk meminta dan berharap ridloh NYA……

    Agama bagi saya hanyalah seperti benda asing / luar yang dimasukan kedalam tubuh , mungkin sebagai platina yang berfungsi sebagai pengganti tulang patah….supaya bisa jalan lagi dengan normal….
    Agama bagi saya sekedar baju tempelan atau asesoris supaya seseorang tampak cantik tampan elok indah…..tetapi banyak orang lupa bahwa keindahan dan sifat indah itu berasal dan hanya dimiliki oleh jasad tubuh serta ucapan dan gerak tubuh , bukan dari baju atau bau wangi yang disemprotkan…….

    Mungkin bagi manusia lain JS adalah salah satu manusia yang meniup cahaya manusia lain….api atau cahaya terang yang sudah sedikit menjadi padam dan gelap……ataukah JS seperti dan seakan memberi surga tetapi hakekatnya memberi neraka……apakah kias atau sanepan ini juga bermaksud hal yang terjadi sekarang ini yaitu agama menjadikan manusia terus berperang dengan merendahkan manusia lain yang tidak sefaham , agama sebagai cara menghimpun kekuatan , melestarikan dan bahkan sebagai tunggangan untuk meraih sesuatu yang sangat berarti untuk ego pribadinya……

    Apa yang didapat ketika manusia menuruti kata hati nurani dan apa jadinya bila beragama tetapi melanggar nurani maka mana yang lebih menimbulkan kegaduhan hiruk pikuk dan ketidak adilan…..Nuwun…

  4. Agama sudah diplintir plintir makna dan hakekatnya , agama sudah menjadi dan seakan sebagai jaminan manusia itu sudah paling benar dan suci ., menjadi sangat aneh bagi pendengaran batin dan nurani saya bila nilai kebenaran keluhuran dan kemuliaan hanya berdasar syareat tanpa makna yaitu syareat ritual saja……tarekat yang tidak manjing dan tidak mendarah daging yang berakibat kalbu dan hatinya bertabur alam damai dan tentram . tarekat hanya hanya kulitnya saja hanya sebagai pamer ilmu dan kadigdayan dan ilmu aneh aneh , hakekat yang salah kaprah dan salah dalam sumpah dan perbuatan …..sangat ironis dan aneh…masyarakat yang mengaku beragama tetapi tidak ada tepo sliro malah mentolo dan bahkan menganggap faham lain sebagai perusak tatanan dalam bertuhan dan beragama…..

    Perumpamaan dalam gambar gaib yang kami terima mungkin ditertawakan atau diberi senyum sinis saja dan dianggap bahwa JS adalah manusia sesat…..gambar gaib itu mempperlihatkan ada 2 kitab Al Quran….pandangan ini hanya seperti olok olok bagi kami atau JS yang mengolok olok mereka bahwa mengaku islam tetapi perilakunya tidak jujur dan khianat….dengan membuat huku lain dan mengatas namakan kitab dan Allah…..
    Pandangan gaib lain untuk negeri in……banyak orang mabuk karena minum khomer tapi mulutnya berdalil ayat ayat Al Quran….masjid yang kotor dan sepi dan gambar lain yang membuat kami malu………….

    Mohon maaf bila menyinggung……Nuwun….

  5. Salam dan selamat sejahera kepada Mas Wage yang terhormat…….

    Kemarin setan gondrong mendapat undangan melalui kabar gaib bahwa setan gondrong diundang sebagai atau ikut meramaikan blog atau rumah abal abal ini……he he he setan gondrong hanyalah setan saja Mas Wage yang hanya dan sering duduk atau berdiri dan sembunyi , tidak berani menampilkan diri karena sifat setan sudah dicap sebagai mahluk yang tugasnya menyrimpung atau membegal manusia dan menjerumuskan kejurang kesengsaraan……….

    Apakah setan juga punya nilai baik ..he he apa iya tah …kok diundang ??….sekali lagi saya sebagai setan gondrong hanya berucap sangat terima kasih atas undangan itu tapi dengan banyak alasan maka setan gondrong tidak bisa datang karena banyak tugas untuk menjerumuskan manusia dibelahan bumi sebelah sana……
    Setan gondrong juga tidak berani tampil karena wajahnya tidak bagus dan banyak penyok …malah nanti membuat para tamu yang hadir menjadi kabur ….ha ha ha……Nuwun Mas Wage….salam abal abal dan damai sejahtera selalu….

  6. Selamat pagi untuk para hadirin yang terhormat…..

    Membaca tulisan porosepuh dan para pakar ilmu agama diatas saya mengambil kesimpulan bahwa yang dinamakan hidup benar adalah berperilaku benar menurut pengertian,pemahaman dan kepercayaan masing masing pribadi dan tentunya nilai benar itu adalah nilai yang dibuktikan dengan perbuatan yang tidak tercela dan perbuatan yang membuahkan suatu keadaan masyarakat yang madani….damai adil sejahtera aman…..
    Hidup dengan benar tentunya harus memenuhi persyaratan wajib yang harus dipenuhi yaitu bertindak atau berbuat tidak semau maunya , tidak melanggar hak atau merampas kemerdekaan orang lain dan harus menjalankan suatu kewajiban demi terjaganya keadaan baik itu sendiri , menjaga dirinya dan menghidupi dirinya dengan cara yang baik dan tidak merugikan orang lain…..

    Tidak akan terjadi suatu keadaan damai dan tentram bila masih saja ada pemaksaan dalam pemahaman hidup bahkan agama sendiri bisa menimbulkan ketidak benaran dan merusak dalam hubugan antar manusia….apa sebabnya ??….itu karena ego dan perasaan merasa paling benar……

    Sudah menjadi hal yang BIASA dan mungkin WAJIB bila pengajar agama mengatakan dan mengajarkan bahwa agamaKU adalah PALING BENAR dengan tidak mau melihat dan mendengar jeritan agama lain yang juga ingin menjalankan kepercayaan menyembah Tuhan…..
    Agama dengan menyertakan ego selalu mencari celah dan kelemahan agama lain , celah dan kelemahan itu lalu diserang dan dibombadir dan begitu sebaliknya maka apa yang terjadi ???….pasti terjadi PERANG….adu argumen , adu dalil , saling melempar dengan tombak ayat ayat suci……agamaku untukku…agamamu untukmu hanya sebagai slogan tanpa arti dan ternyata tidak seperti itu bukti dimasyarakat kita……

    Kenapa kita yang mengaku beragama paling benar tidak bercermin atau melihat tengkuk masing masing , menuding diri sendiri , melaknat diri sendiri yang mungkin dan memang ada salah dan dosa dan mungkin bertumpuk sehingga tidak sempat untuk melihat atau mencampuri urusan orang lain yang sangat pribadi dan bahkan memaksakan kehendak dan bahkan menghakimi…….

    Ternyata oooh ternyata banyak manusia yang mengaku beragama tetapi sudah mengkhianati dirinya sendiri , merusak akal alam pikir , membunuh nurani yang selalu fitrah dan apakah mereka tidak mau mengakui bahwa ada ajaran dan dalil yang bertentangan dengan nurani yaitu berperang , membunuh , memperbudak , merampas hak orang lain dan semua itu dikatakan sebagai sesuatu yang HALAL atas dasar firman Allah…..saya menjadi setan karena mengingat tentang ayat ayat ini …kekerasan dan kerakusan yang dikatakan sesuatu yang dibenarkan dan halal dan selalu saja hati nurani ini menolak untuk percaya …..ada apa dan ada maksud apa sebenarnya tentang ini ??…..

  7. @ Kang Setan Gondrong,

    Kirim undangan ke tempat setan, dengan penuh harap sampai ngutus bidadari bahenol segala, eh…ditolak. Tapi senang juga sih ditolak. Jadi nambah prestasi hidup siMbah dalam hal ditolak, ya ditolak lamaran kerja, ditolak proporsal kridit bank atau ditolak lamaran nikah. Yang terakhir ini malah 100 gadis telah nolak siMbah………

    Yeah, sepertinya jadi setan memang lebih baik dan selamat jadi setan yang jujur, tidak mengaku2 diri baik dan yang terpenting bekeraja sesuai dengan job diskription. Sangat kagak eneg melihat setan berpolitik merangkap jadi politisi, berpura pura baik dan adil membela rakyat tanpa perbedaan, padahal cuma bela golongan doang……

    @ ALL, maaf, komentar keluar topik jadi diabaikan saja. Yang jelas selamat pagi !!!

  8. Nuwun:
    @ Mbah Wage… menurut Paman Kang Setan Godrong itu hanaya alasan saja, jadi karena banyak alasan Paman usul status Setan gondrong di ganti saja menjadi Setan Alas.

    Asahasih asuh

    PD

  9. Salam dan hormat saya kagem Paman Dalbo…….

    Please…jangan diganti nama saya ..diganti nama setan alas…hah ??.saya harus pindah dong ??…dialas mana saya harus bertempat ??…alas kan itu tempat sepi …lha saya harus menggoda dan menjerumuskan siapa ??…..atau saya harus pensiun dini dengan mengajukan masa MPP lebih awal…he he he…salam asah asih asuh tanpa embel embel imbalan….Nuwun..

  10. Setan Alas…wakakakkkk……
    Tapi…Jangan gitu dong Paman. tidak baik mengejek atau menertawakan Setan. Apalagi setan cuma menjalankan tugas (pura2 baik padahal saya yang ketawa paling keras)

    Kalau setan dikirim ke hutan, terus manusia masih tetap onar, nanti pakai alasan apa dong? Digoda dan dibisiki jangkrik? Kagak lucu dong…..

  11. dimana manusia-manusia sebelum adanya tuhan,,?
    dan kmn manusia-manusia sebelum Adam?
    ————————–
    Hmm, ngurusi masa KINI dan orang2 SEKARANG ini saja nggak selesai, banyak sekali yg tidak dipahami, kok ngurusi manusia2 sebelum adanya Tuhan dan sebelum Adam. Pertanyaan itu serupa dengan …. siapa yg membuat/menciptakan Tuhan ? Ini semua apa bukan pertanyaan2 kosong ? Tidak bisa dan tidak perlu dijawab ?!

  12. Nuwun…
    HHHmmm dimana ya manusia sebelum adanya Tuhan,? eh,,,ngomong2 kapan sih tuhan itu mulai di ciptakan?
    Paman sih baru exist di era orde baru, jadi kl Paman coba2 menganalisa ttg Tuhan dan manusia sebelunya, itu pun paling2 dari hasil khayalan2 belaka alias ngayuworo, kalaupun Paman coba2 pake mekanisme Sience, genetic enginering, percuma juga krn Paman bukan sicentis, jadi biarlah..mengalir apa dadnya.

    kalau sebelum Adam, Manusia ke mana ya?,
    Dongeng/legenda Adam dan hawa menceritakan ttg manusia pertama yg kurun waktunya krg lebih 5000 th yg lalu menurut kitab,

    sedangkan 3 juta Tahn yg lalu manusia sdh ber evolusi dan ber transmigrasi, dari daratan Afrika, treveling ke Eropa, asia, australia, Jawa, Florest,
    dan perlu di renungkan bahwa proses evolusi belum selesai sampai detik ini pun.

    Asah asih asuh,

    PD.

  13. @ Setan Gundul 666….salam…..

    Saya ingat dengan pertanyaan tentang ayam dan telur…..

    duluan mana TELUR dan ayam……pasti telur….

    lebih dulu mana AYAM dengan telur…..pasti ayam…..

    he he he ternyata jawabnya sangat gampang….dilihat awal katanya saja….

  14. @ mbah SG 666 :
    wehehe…kadang kalo menggelitik khan perlu dicarikan jawaban biar gak penasaran to mbah,
    y putune jgn disalahin doonk mbah karang bocah y gini ini hhe 😀

  15. beberapa hari ini, saya dibuat geleng-geleng plus manggut manggut la bagai mana tidak heran bin melongo plus ngiler….. Seorang keponakanku yang baru usia 15 tahun telah dijerumuskan tantenya sendiri (55th janda sudah 6 th ini) dalam lembah shawat. saat saya mencoba menasehati sang keponakan…
    alamaakkk jawaban yang sangat aduhai dan menggetarkan jiwa membuat mendung di langit biru tertawa hingga ngompol selama 1/5 jam…

    sang keponakan bilang…
    keponakan : walaupun yang saya lakukan adalah termasuk dosa, tetapi nanti kan bisa di hapus dosanya
    saya : memang bisa ? di hapus dengan amalan apa ? bukankah sesuai apa yang kamu pelajari di pondokan tempat mengaji, bahwa zina dosanya di tanggung selama 40 th ?
    Keponakan : saya sudah tanya sama tante, malah hadisnya ditunjukkan ke saya mas…
    saya : lalu hal apa itu yang bisa meghapus zina..
    keponakan : Haji atau umroh
    saya : ha ???????????? trus bagaimana caranya, tante bilang apa lagi ?
    keponakan : 2 tahun kemarin, tante sudah haji, dosanya di hapus kan mas, jadi seperti bayi lagi, kan… lalu 3 minggu lagi tante mau umroh, kan jadi bersih lagi seperti bayi… sedangkan saya, sudah di daftarkan papa dan sudah masuk daftar berangkat haji tahun depan… jadi kan tidak ada masalah kan ?
    saya : kamu sudah tanya ke pengajar ngajimu ?
    keponakan : malu mas… tante bilang nanti bisa heboh…
    saya : melongo bin heran plus ngiler …. wkwkwkwkwk ammpunn… ni keponakan bagaimana bisa sadarnya… sedangkan ayah dan ibunya tidak ambil pusing. karena lebih percaya dengan keterangan si tante dari pada keterangan saya. sedang si ponakan, makin semangat…. tiap hari, tidak sore, tidak juga malam… tidur satu kamar tanpa ada yang mengganggu, karena ibu bapaknya tugas ke lain daerah, di rumah hanya berdua saja ( tante dan keponakan)…..

    ma’af, ini bukan mengada-ada, tetapi benar-benar terjadi, sampai sekarang…. saya hanya bisa mengelus dada saja. bagaimana bisa beres ni negara, bila semua orangnya memiliki pemikiran yang sama dengan tante plus ponakan… (korupsi… wah bisa lunas pakai haji dan umroh, maling, zina, rentenir, dan segala bangsat keparat kelakuan) bisa lunas dengan haji atau umroh…. mangkanya, banyak sekali yang berhaji sampai 5, 6 bahkan 12 kali… ternyata ini to jawabannya….

    yang kebakaran jenggot… ma’af ya…. jangan marah saya saya… tapi marah sama sumbernya keponakan dan tantenya saja…

  16. Permisi om…
    Pokoknya berbuat jahat model apapun itu dosa, tapi dosa model apapun itu bisa di hapus/ ditebus dg jalan setor ke saudi arabia,
    emang begitulah bunyi ayat2nya…betul ya om?

  17. emang begitulah bunyi ayat2nya…betul ya om?
    ————————————————————————–
    Tidak ada salah dengan hadis dan ayat-ayat yang lain, penerapan dan penyampaiannya saja yang membuat badan meriang plus meringis tiada henti….

    coba di baca ulang, sikap yang manakah yang ganjil ? begitu mas…..

  18. Setiap pemeluk agama apapun ttu akan di ilhami/ di pengaruhi oleh ajaran maupun nabi2 nya,
    Orang Budha akan ber sikap sebisa mungkin seperti budha, orang kristen akan berusaha ber siakp seperti yesus, demikian juga dg Orang Islam ttu akan ter inspirasi oleh karakter nabi dan ajaran2 nya,,, nah ini nih bagi siapa yg berminat mo kenal lebih lanjut siapa tu Mohammad klik di link ini

  19. Salam……terima kasih atas link tentang Nabi Muhammad…..

    Sudah pernah saya tanyakan ke ratu 666 apakah ISLAM dan agama islam itu sama ??…..

    Si Ratu 666 juga saya beri saran untuk berdoa kepada Tuhan segala sembahan Tuhan yaitu Tuhan tanpa nama atau bernama tidak berhingga , untuk berdoa dan bermohon kepada NYA untuk bisa melihat sosok Nabi Muhammad dan saya ingatkan untuk tidak kaget bila sudah tahu dan tentu saja doa atau berita yang akan dipanjatkan atau berita yang didapat tidak dihalangi oleh oleh nafsunya sendiri yaitu sifat ego seperti sifat IBLIS dalam kitab…..

  20. menarik sekali akang2 semua 😀
    sayang saya telat buka blog abal2 ini, jadi saya terlambat 2 bulan lebih menertawakan diri sendiri..
    hehehehehheeee
    ngomong2 dijogja jika kumpul2 dimana kang.??
    terima kasih…

  21. Nuwun sewu..
    @ sdr ELeS salam kenal ya..
    biar lambat yg penting selamat, selamat adalah pegangan hidup bangsa Indonesia, tuh bisa di lihat dr cara2 komunikasi greating nya, selamat datang, selamat ultah selamat jalan, selamat beraktifitas, dan banyak lagi selamat2 yg alinya, yg penting selamat. lain halnya dg konsep barat yg mengutamakan hal2 yang menyenangkan dan baik2, misalnya Good morning, happy birthday, good time, happy anniversary dll,dan kedua2nya itu gak ada yg salah kok.
    Pelan pelan tapi pasti, itu juga adalah sifat dari alam semesta yang tak pernah tergesa gesa.

    Aah asih asuh.
    PD

  22. Salam Kang Balanedewa……….

    Tambahan ; mantra : slumanslumunslamet slumanslumunslamet -slametsegaliwet … (-:
    ————————————————————————————————————————–
    Konon…Mantra atau doa wong Jowo itu hebat dan sederhana padat berisi , tidak mbulet muter muter……

    Kidung kidung jowo itupun sangat menyentuh , alami , jujur diri , mengagungkan alam dan isinya dan tentunya bernuansa kedamaian dan kebahagiaan hati.dan hidupnya disandarkan kepada Gusti yang disembahnya dengan nama nama jowo juga….nama nama sebagai predikat Tuhan……

    Sluman slumun slamet bagi saya adalah adat doa dan perilaku adat sopan santun karena menghargai hidup dirinya dan tentunya menghargai hidup manusia atau mahluk lain……..
    Adat dan budi pekerti sluman slumun slamet adalah gambaran pergerakan bebas pribadi tanpa beban karma dan kesalahan dalam hidup , tidak ada niat buruk didalamnya dan sepertinya tubuh dan jiwa kita adalah jiwa jjiwa yang bebas merdeka , terlepas atau melepaskan ego ego pribadi , sifat dan perilaku yang tidak akan merugikan atau daksiyo marang liyan……

    Sluman slumun slamet adalah niat untuk menghadirkan diri ini kepada alam dan isinya untuk selalu baik dan menjaganya demi kebenaran dan kebaikan , tidak ada manusia atau mahluk lain menganggap diri kita sebagai musuh atau lawan yang mengancam….ha ha ha bahkan demit saja tidak akan membenci diri kita….semua mahluk menganggap kita adalah saudara atau kerabat…….

    slumanslumunslamet -slametsegaliwet ….sego liwet adalah makanan atau nasi yang sedang matang didalam kukusan bambu dan siap kita makan sebagai kebutuhan hidup tubuh dan tentunya tubuh kita sendiri harus aman dari banyak hal yang sudah dimasukkan untuk menjadi darah dan daging…lha ..lalu apa maksud tubuh harus juga selamat …he he he,,,tentunya tubuh harus diberi makanan yang berasal dari pekerjaan yang halal….
    Ketika kita sudah berbuat benar untuk tubuh maka tubuh juga akan merespon dan mengerti …tidak gampang sakit dan bukan sebagai pembalas kesalahan atau karma buruk kita lalu daging dan darah berontak …tubuh sebagai hakim atau pembalas kesalahan kita .lalu kita mendapat rasa sakit dan tersiksa atas keadaan itu………..

    Mbah Wage.salam hormat………ikutan menempelkan tulisan abal abal……
    Tulisan diatas adalah abal abal dan ngawur taawur….sebagai dugaan atau hipotesis atas pengalaman pribadiu ketika saya sedang dan masih hidup sampai saat ini……salam slamet sego liwet…..

  23. Nuwun sewu..
    @ Wong Jowo…terimakasih postinganya yg abal2 itu dan sangat bermanfaat sekali, menarik makna2 simbolisnya sego liwet dll.
    Terlepas dari bahasa dan tetek mbengeknya Sluman slumun slamet memang tepat sekali kl di katagorokan sebagai sebuah Mantra dan bukan do’a,..disini ada sedikit perbeda’an karakteristik dari kedua nya.
    Do’a pd umumnya adalah permohonan, kepada Tuhan dewa dll, merengek rengek dg technic dan caranya masing2 agar ini dan itu dan dikabulkan.
    Mantra : pada umumnya adalah semacam afirmasi, si subject, jadi lebih bersifat menciptakan sesuatu dari pada meminta sesuatu,
    Jadi Mantra Sluman slumun slamet tidak lain adalah energi yg telah kita ciptakan sendiri secara sadar ke alam kesadaran dan bawah sadar dari hati pikiran melalui mulut kita,
    Asah asih asuh.
    PD

  24. @Wong Jowo, Paman Dalbo,

    Saya ini kan nrimo, yang diberikan alam pada saya, ya saya terima. Nggak neko2 minta ini itu. Oh, kebetulan saya ini anaknya …(alm) Pak Slamet… (-: (-: Saya sering rasan2 dengan teman2, pada suatu hari nanti saya akan … reuni dengan Pak dan Bu Slamet itu, jadi, kebetulan, mantra itu juga mengingatkan saya pada mereka (-:

  25. Salam Mas Balanedewa…….Mas Dalbo

    Sepertinya kita mempunyai bapak yang sudah almarhun dan kebetulan namanya juga sama yaitu Slamet…..bapak saya bernama Sastro Suyono Slamet……Nuwun

  26. Terbersit kisah Nabi Daniel…
    Kisah binatang di akhir jaman saat semua berkumpul di depan pengadilan tertinggi.
    Nabi Daniel berkisah di Bible old testament bahwa ada 4 jenis binatang… ada binatang yang dibiarkan hidup dan ada binatang yang tidak bisa hidup masuk ke api (mungkin golongan bangsa Jin kali hihihi), siapa gerangan yang berkuasa mengadili? ooo ternyata The Ancient of Days dan bukan manusia masa kini…. . wow… seru ceritanya…

    Daniel 7
    Daniel’s Dream of Four Beasts

    1 In the first year of Belshazzar king of Babylon, Daniel had a dream, and visions passed through his mind as he was lying in bed. He wrote down the substance of his dream.

    2 Daniel said: “In my vision at night I looked, and there before me were the four winds of heaven churning up the great sea. 3 Four great beasts, each different from the others, came up out of the sea.

    4 “The first was like a lion, and it had the wings of an eagle. I watched until its wings were torn off and it was lifted from the ground so that it stood on two feet like a human being, and the mind of a human was given to it.

    5 “And there before me was a second beast, which looked like a bear. It was raised up on one of its sides, and it had three ribs in its mouth between its teeth. It was told, ‘Get up and eat your fill of flesh!’

    6 “After that, I looked, and there before me was another beast, one that looked like a leopard. And on its back it had four wings like those of a bird. This beast had four heads, and it was given authority to rule.

    7 “After that, in my vision at night I looked, and there before me was a fourth beast—terrifying and frightening and very powerful. It had large iron teeth; it crushed and devoured its victims and trampled underfoot whatever was left. It was different from all the former beasts, and it had ten horns.

    8 “While I was thinking about the horns, there before me was another horn, a little one, which came up among them; and three of the first horns were uprooted before it. This horn had eyes like the eyes of a human being and a mouth that spoke boastfully.

    9 “As I looked,

    “thrones were set in place,
    and the Ancient of Days took his seat.
    His clothing was as white as snow;
    the hair of his head was white like wool.
    His throne was flaming with fire,
    and its wheels were all ablaze.
    10 A river of fire was flowing,
    coming out from before him.
    Thousands upon thousands attended him;
    ten thousand times ten thousand stood before him.
    The court was seated,
    and the books were opened.
    11 “Then I continued to watch because of the boastful words the horn was speaking. I kept looking until the beast was slain and its body destroyed and thrown into the blazing fire. 12 (The other beasts had been stripped of their authority, but were allowed to live for a period of time.)

    13 “In my vision at night I looked, and there before me was one like a son of man,[a] coming with the clouds of heaven. He approached the Ancient of Days and was led into his presence. 14 He was given authority, glory and sovereign power; all nations and peoples of every language worshiped him. His dominion is an everlasting dominion that will not pass away, and his kingdom is one that will never be destroyed.

    The Interpretation of the Dream

    15 “I, Daniel, was troubled in spirit, and the visions that passed through my mind disturbed me. 16 I approached one of those standing there and asked him the meaning of all this.

    “So he told me and gave me the interpretation of these things: 17 ‘The four great beasts are four kings that will rise from the earth. 18 But the holy people of the Most High will receive the kingdom and will possess it forever—yes, for ever and ever.’

    19 “Then I wanted to know the meaning of the fourth beast, which was different from all the others and most terrifying, with its iron teeth and bronze claws—the beast that crushed and devoured its victims and trampled underfoot whatever was left. 20 I also wanted to know about the ten horns on its head and about the other horn that came up, before which three of them fell—the horn that looked more imposing than the others and that had eyes and a mouth that spoke boastfully. 21 As I watched, this horn was waging war against the holy people and defeating them, 22 until the Ancient of Days came and pronounced judgment in favor of the holy people of the Most High, and the time came when they possessed the kingdom.

    23 “He gave me this explanation: ‘The fourth beast is a fourth kingdom that will appear on earth. It will be different from all the other kingdoms and will devour the whole earth, trampling it down and crushing it. 24 The ten horns are ten kings who will come from this kingdom. After them another king will arise, different from the earlier ones; he will subdue three kings. 25 He will speak against the Most High and oppress his holy people and try to change the set times and the laws. The holy people will be delivered into his hands for a time, times and half a time.[b]

    26 “‘But the court will sit, and his power will be taken away and completely destroyed forever. 27 Then the sovereignty, power and greatness of all the kingdoms under heaven will be handed over to the holy people of the Most High. His kingdom will be an everlasting kingdom, and all rulers will worship and obey him.’

    28 “This is the end of the matter. I, Daniel, was deeply troubled by my thoughts, and my face turned pale, but I kept the matter to myself.”

    Footnotes:

    Daniel 7:13 The Aramaic phrase bar enash means human being. The phrase son of man is retained here because of its use in the New Testament as a title of Jesus, probably based largely on this verse.
    Daniel 7:25 Or for a year, two years and half a year

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s