Agama Yang Berkembang Pesat dan SESAT !

agama-berkembang-sesat

Penulis: Wage Rahardjo.
Agama apakah yang  berkembang paling pesat di Eropa saat ini? Jawabannya tentu saja Islam. Ah, mana sih ada orang yang sampai tidak tahu? Namun di tulisan kali ini simbah sama sekali tidak menulis tentang Islam. Lagian khan judulnya tentang agama yang berkembang sesat, nanti kepala saya bisa bonyok nih karena nyebut Islam sesat. Di topik kali ini saya akan menulis agama merek lain yang juga tidak kalah pesatnya dan tidak diduga oleh banyak orang.  Agama yang dimaksud adalah Hindu.

  • :lol: Ha..ha..! Lucu Mbah! Aku sampai sakit perut menahan tawa! Emang masih ada yang jual? Ha..ha..

Bagus! Memang seperti inilah seharusnya sikap kita kalau membahas agama yaitu penuh senyum dan gelak tawa, sedangkan kalau topiknya tentang kekerasan dan terorisme ya harus rusuh dan jual beli makian. Tahukan anda bahwa blog ini  berusaha menulis topik yang tidak anda tahu. Lha, kalau semua orang sudah pada tahu, untuk apa ditulis lagi?”.

  • :) Ok deh Mbah. Tapi apa buktinya Hindu berkembang paling pesat?

Bukti? Nah, ini yang susah Nak, karena jujur saja, buktinya adalah….TIDAK ADA. Tahukah Anda bahwa hampir semua agama bumi seperti Hindu tidak mengenal corvert atau (pengumuman) pindah agama.  Jadi yang jelas tidak ada data atau bukti, terlebih lagi di negeri barat, agama bersifat privat sehingga sensus agama tidak akan pernah ada. Yoga ataupun Mahabrata dan Ramayana contohnya, pada dasarnya adalah merupakan kitab suci jenis Itihasa namun dibaca oleh siapa saja tanpa perlu pindah agama bukan?

  • :) Ha..ha…ha… Semakin ngawur saja nih ceritanya….

Ha….ha…ha… Maklum saja, namanya juga blog abal-abal.  Kembali ke topik, Hindu berkembang …….. pesat.  Buktinya? Photo di bawah ini ditampilkan sekedar sebagai pemanasan.

agama-sesat-5

Gambar di atas adalah foto kegiatan sekte Hare Krishna  di negara Ukraina (link).  Foto-roto lainya, lengkap dengan link-nya  bisa dilihat di gambar berikut. (Setiap gambar berisi link yang semuanya mengarah ke youtube).


Komunitas Hare Krishna gila-gilaan di Russia.
Link lain yang lebih gila: klik disini

hk-italia
Hebohnya festival Hare Krishna di Italia


Komunitas Hare Krishna di Ukraina


Komunitas HK di Russia


Komunitas Hare Krishna di Peru, Amerika Selatan


Prague, Czech Republic

Hare Krishna itu apaan sih ?

Setelah melihat sejumlah video di atas, mungkin ada pembaca yang penasaran ingin tahu, tentang sekte ini. Hare Krishna adalah istilah yang asing bagi kebanyakan orang jadi wajar kalau tidak tahu. Tapi bagi penggemar The Beatles sepertinya pasti tahu bahwa salah satu personelnya yaitu George Harisson adalah pengikut sekte ini.. Salah satu lagu ciptannya yaitu My Sweet Lord disamping terkenal juga kontroversial karena lirik lagu yang awalnya adalah Halleluyah, dipertengahan berubah menjadi mantra Hare Krisna.

Sekte ini relatif baru yaitu dibentuk tahun 1966 di Amerika, jadi masih berumur relatif sangat muda namun dalam jangka waktu satu dasawarsa saja,  mampu berkembang merata ke Eropa, Amerika latin dan Oceania.

Sekte Hare Krishna juga memiliki relatif banyak pengikut di Indonesia. Diawali dengan kedatangan sang guru besarnya secara langsung di tahun 1973 dan hanya dalam waktu singkat mampu memperoleh banyak simpati terutama di daerah Bali. Kondisi ini sebagain menimbulkan konflik dengan masyarakat tradisional dan PHDI (lembaga Hindu). Konflik akhirnya mencaapai puncaknya dengan pembekuan dan pelarangan penyebaran sekte ini.  Kalau tidak salah, sampai sekarangpun konflik atau pelarangan ini belum dicabut.

Identitas dan penampilan yang nyeleneh

Setiap pemeluk agama memiliki identitas. Orang Islam dengan jilbab, jangut atau kopiahnya, orang Kristen dengan salibnya, Yahudi dengan jangut dan topi yahudinya dan rahib  Buddha dengan kepala plontosnya. Nah, pengikut Hare Krishna tampak lain dari yang lain yaitu kepala gundul tapi tanggung alias disisakan sedikit membentuk kuncir. Jadi tidak berlebihan  kalau disebut SINTING atau gila. Sedangkan kaum wanitanya mengenakan kain Sari warna warni dan sepintas (mungkin) mirip pakaian wanita muslim.

Pada contoh video di atas menampilkan contoh ibadah mereka dari komunitas jemaat di negara Hungaria.  Di negara tersebut, mereka memiliki tempat ibadah sekaligus komunitas yang disebut Krishna Valley yang menempati areal 266 hektar ! Jadi bisa dibayangkan bahwa keberadaan mereka tidak bisa dipandang setengah mata.

Sangat agresif dalam menyebarkan agama

Sekte ini sangat aktif dan agresif dalam menyebarkan agama. Penyebaran agama dilakukan dengan berbagai cara unik yaitu menari, menyanyi di jalanan ala pengamen ataupun menggelar konser yang kadang super heboh yang dihadiri puluhan ribu peneonton seperti video berikut di Polandia.

Penyebaran agama kadang juga dilakukan dengan sangat primitif ala jaman nabi melakukan perjalanan panjang berbulan bulan keluar masuk desa dengan jalan kaki atau menggunakan transportasi sapi.  Dakwah juga kadang dilakukan dengan cara sinting dan konyol  yang mau tidak mau membuat orang lain ikut ikutan sinting seperti tampak pada  link berikut.

Sesat dan banyak pantangan

  • :) Sesatnya bagian mana Mbah? Menurutku mereka tidak lebih dari  bernyanyi dan menari doang, sama sekali tidak layak disebut agama. (bingung?!)

Duh, Sampean sama sekali tidak tahu bahwa mereka adalah merupakan sekte paling extreme di dunia. Aturan hidup dan pantangannya luar biasa banyak dan keras, sehingga nyaris tidak masuk akal bagi orang barat. Contohnya adalah no judi, no alkohol,  dan no intoxication (drug, ROKOK, termasuk juga kopi). Ah, mungkin anda tertawa (lagi) mendengarnya bukan? Bagi anda mungkin mudah, tapi bagi orang barat, jelas susah tidak ketulungan.

Kemudian aturan lain adalah dilarang melakukan kekerasan, Ahimsa (No Violence)  apalagi membunuh. Nah ini yang susah karena tidak membunuh yang dimaksud bukan hanya sebatas tidak membunuh manusia doang tapi juga tidak membunuh hewan. Jadi mereka adalah sekte agama kambing alias pemakan sayuran alias vegetarian 100%. Kemudian bawang merah dan putih (ajaran Ayur Vedic tentang makanan) dan telur-pun dianggap haram. Duh repot sekali bukan?

Repot? Ah, ndak juga, karena masih ada larangan lain yang lebih berat yang saya yakin akan membuat banyak orang uring uringan yaitu dilarang melakukan hubungan sex kecuali untuk melanjutkan keturunan! Jadi hubungan SEX untuk bersenang senang adalah dilarang, tidak terkecuali untuk mereka yang sudah menikah sekalipun. Duh jadi mirip binatang, berhubungan badan hanya untuk melahirkan, bukan untuk bersenang senang seperti manusia.

Sesat namun menyebar bahkan sampai ke Israel

Catatan: Semua link nama negara mengarah ke video youtube

Setelah berkembang dan memiliki basis kuat di Amerika dan Inggris,  sekte ini mulai menyebar ke Eropa Barat lainnya (Spanyol, Prancis, JermanPortugal, Norway, Italia, BelgiaIrlandiaDenmark dll). Kemudian disaat iklim politik di Eropa berubah di awali dengan pecahnya negara Soviet, sekte ini dengan cepat dan jeli mulai mengambil peluang dengan melakukan siar agama besar besaran di negara Eropa Timur. [Keterangan video : festival besar-besaran di London]

Saat ini komunitas mereka bisa ditemukan di hampir semua negara Eropa Timur seperti: Latvia, Belarus, [mantra], Lithuania, Ukraina [festival], Bulgaria [siar agama], Hungary [ritual], Slovakia, Serbia, Czech, Polandia dll. Sedangkan di Russia adalah merupakan komunitas dengan penganut paling besar.  Besarnya komunitas mereka di negara Rusia bisa dilihat saat festival tahunan yang diadakan di banyak kota seperti  Sukhumi, Moscow, Novorossiysk, Omsk dll. [NOTE: semua link diatas mengarah ke youtube]

Yang tidak kalah uniknya adalah komunitas mereka juga di temukan di negara Israel. [Link1, link2] Di negara musuh negeri Arab ini mereka bebas berkembang atau bahkan bebas melakukan dakwah di tempat publik, bersaing dengan ‘agama Messiah’.

Menular ke Amerika Latin dan Afrika

Selain berkembang di benua Eropa, ternyata komunitas sekte ini sudah lama berurat berakar di negara Amerika latin. Di berbagai negara selatan ini, perkembangannya menjadi semakin menarik karena Irama mantra-pun menjadi semakin variatif bahkan tidak jarang berirama reage atau samba. [Keterangan video: pengikut HK di Negeria]

Saat ini komunitas mereka yang cukup besar bisa ditemukan di Peru, Trinidad, Brazil, Chilli, Argentina, Mexico, dan bahkan Columbia, negara yang terkenal dengan geng obat bius-nya sebingga cendrung dihindari oleh para missionaris. Kemudian komunitas yang lebih kecil bisa ditemukan merata di semua negara seperti Costa Rica, Uruguay, Panama, Ecuador, Guatamala, Bolivia, Nicaragua, Honduras dan ElSavador. [semua link mengarah ke youtube]

Sedangkan untuk negara lainnya dengan pengikut yang juga sangat besar bisa ditemukan di Canada, Australia, New Zealand, Hawai dan Fiji. Untuk benua lain seperti Afrika, komunitasnya ditemukan di negara Afrika selatan, Ghana dan Kenya. Bahkan sekarang mereka sedang berusaha memasuki negara China, yang sebelumnya singgah di Hongkong dan Taiwan.

Pendidikan ala pesantren

Sekte ini tumbuh besar, kuat dan sangat solid salah satunya tidak lepas karena sistem pendidikan mereka yang sangat rapi sekaligus keras.  Dulu diawal masa sekte ini berdiri,  mereka memiliki banyak sekolah ala pesantren yang tersebar di banyak negara seperti Italia, Australia, Hungary, Inggris dan tidak ketinggalan Amerika sebagai pusatnya.

Saat ini semua sekolah pesantren ini sudah ditutup dan hanya menyisakan satu saja yaitu di India seperti video di berikut. Sekolah ini ditutup bukan karena kekurangan siswa tapi karena dianggap bermasalah secara hukum, didakwa sebagai child abused dan brainwash sehingga didenda jutaan dolar oleh pengadilan Amerika membuat sekte ini nyaris bangkrut. Konflik intern dan dakwaan kriminal pada seorang pimpinannya membuat image sekte ini yang sudah sesat menjadi semakin sesat.

Berangkat dari kesalahan masa lalu, sekte ini mulai berbenah dan bersih bersih di komunitasnya. Pendidikan ala pesantren diganti dengan pendidikan jenis Akademi. Sebagai akibatnya, beberapa sekolah akademi megah dan luar biasa luas berdiri di sejumlah negara seperti. Contohnya Bhaktivedanta Collage Belgia. Cukup banyak orang yang kaget dan tidak percaya bahwa sekte sesat ini ternyata masih tetap bertahan bahkan mampu mendirikan sekolah yang sangat modern, luas dan megah di negara Eropa.

Berpikir positif, mencari kelebihan

Mengapa “agama sesat” ini bisa berekambang dan apa kelebihan yang mereka jual atau tawarkan? Berikut adalah beberapa hal posotif yang bisa saya catat.

Hidup sederhana dan toleran

Disaat kekerasan atas nama agama cukup banyak terjadi di berbagai belahan dunia, sekte ini seakan datang menawarkan konsep baru dalam beragama yaitu lebih toleran dengan agama lain. Sangat wajar tentu saja karena sebagai sekte baru maka mereka dituntut harus mampu menawarkan sesuatu yang lebih dibandingkan agama lain, salah satunya adalah toleransi. [Keterangan video: pengikut HK di Hungaria]

Sekte ini mengajarkan para anggotanya untuk hidup sederhana, bernyanyi dan selalu bergembira. Tidak ayal komunitas mereka sering dicurigai dan diangap gila karena sifat mereka  yang terlalu banyak senyum. Wajar saja karena di masyarakat barat, orang yang terlalu ramah dan umbar senyum adalah  mencurigakan dan dianggap sinting.

Eco Life

Sekte ini bukan hanya sebatas mengajarkan agama dan dogma saja tapi juga mengajar bagaimana seharusnya hidup harmonis dengan alam. Komunitas mereka umumnya dilengkapi dengan lahan pertanian dan peternakan. Uniknya semuanya dilakukan dengan cara tradisional dan primitif, nyaris tanpa mesin atau traktor.

Food for life

Mereka memiliki program yang unik yaitu mendistribusikan makanan secara gratis tiap minggu. Mereka memiliki filosofi bahwa tidak boleh ada orang yang kelaparan dalam jarak 10mil dari tempat ibadah. Jadi mendirikan tempat ibadah bukan hal mudah bagi mereka karena tidak boleh tidak, harus dilengkapi dengan dengan dapur vegetarian, tanpa darah atau pembunuhan terhadap binatang serta makanan gratis harus dibagikan tiap minggu.

Steve Jobs, pendiri Apple dalam biografinya menulis bahwa sewaktu muda dan masih miskin, setiap pekan selalu berkunjung ke tempat ibadah Hare Krishna untuk mendapatkan makanan gratis.

PENUTUP

Bagi saya, Hare Krishna sepertinya menawarkan alternatif baru dalam beragama yaitu lebih menyenangkan, lebih rilex dan tidak jarang bagi sebagian orang terkesan main main. Hubungan antara manusia dan Tuhan yang awalnya magis, suci atau bahkan kaku dibuat menjadi santai, mirip hubungan manusia dan Teman-nya yaitu dengan bermain, bernyanyi dan menari.

Terlepas dari label sesat ataupun waras, setidaknya sekte ini, dengan program pertanian organiknya telah memberikan contoh nyata cara berswasembada pangan. Kemudian prilaku mereka yang cendrung sederhana dan berorientasi ke alam mampu digemari oleh mereka yang jenuh dengan suasana kota. Dan terakhir ajarannya yang sangat toleran dengan agama lain membuat sekte ini menjadi populer di sejumlah negara.

Sebagai penutup, siMbah hanya bisa berkomentar “Sesat atau waras bukan masalah, yang terpenting asal damai dan rukun aja”. Sepanjang si pemeluk agama tersebut senang dan enjoy ya sepertinya tidak ada yang perlu didebatkan. Kata tetangga siMbah: “religion should be judged based on their actions and what they do for those around them”.

Artikel sejenis :  Agama Sesat dan agama Waras

wager.png

  • Profil penulis : Hare Krishna bukanlah hal baru bagi penulis. Pertama kali mengenal  nama dan ajarannya sekitar tahun 1984 di Bali. Walaupun bukan member atau pengikut, namun terkadang hadir pada perayaan dan festival mereka. Bukan masalah besar bagi saya apalagi beberapa teman baik saya adalah pengikut Hare Krishna.  Sampai saat ini, hubungan saya dengan para pengikut Hare Krishna baik-baik saja. Mereka bahkan tertawa terpingkal-pingkal membaca tulisan ini. Cheer !

Referensi:

Testimoni Komentar

Dipindahkan dari komentar di halaman 1

Salam mbah,
saya yang penganutnya hanya bisa nyengir baca tulisan mbah ini… Mbah mengulasnya dengan apik.. :D

KRSNA artinya MAHA MENARIK….MBAH WAGE juga telah tertarik sejak tahun 80an sampai saat ini…semakin didiskusikan semakin MENARIK dan semakin MEMBAHAGIAKAN….Sri Krsna juga disebut Suhridam sarva bhutanam yang artinya kawan semua mahluk hidup…
Salam Mbah Wage…
HARE KRSNA…….
and be happy…..

Hare Krshna and be happy mbah wage :)

Saya sendiri juga yakin bahwa membernya yang membaca ini (umumnya) tidak akan terpengaruh dengan penggunaan kata sesat, sebab dalam ajaran Hare Krishna (singkat jadi HK), kita harus mampu bersikap netral dalam pujian maupun hinaan.

Kebetulan, sy sendiri adalah membernya.

matur nuwun mbah wage..pawarto babakan hare krishna sampun kulo waos..kulo mangertos ingkang dados pemikiran panjenengan mbah..mugi mugi rahayu sedoyo..hare krishna

…………………………………..

About these ads

877 thoughts on “Agama Yang Berkembang Pesat dan SESAT !

  1. Anonymous 6 November 2014 / 4:14 pm

    yang ngebuat tai !!!

  2. Anonymous 25 November 2014 / 12:54 pm

    agama yang melarang membunuh, mengajarkan hidup sehat dibilang sesat dan sinting
    mungkin menurut penulis, islam yang seperti FPI yang memukuli dan merusak, ISIS yang memenggal dan memperkosa. itu adalah agama yang tidak sesat dan baik?
    yaaa…yaaa…
    saya mengerti maksud anda

    • wage rahadjo 25 November 2014 / 1:44 pm

      YA. Ha…ha…ha….
      Selamat datang di blog abal-abal

      Saya mengerti maksud anda.
      — Ngerti apaan?

  3. mey 27 November 2014 / 10:23 pm

    Ga salah sesat??? Hahahaha kamu mesti belajar banyak yah,, kamu siapa? Tuhan?? Perkembangan agama Pertama itu Hindu kamu ga tauu apa mending diem deh!!! Kamu nie kayaknya emang manusia ga da agama yg ga diajarin tata krama sopan santun!!!Manusia dibekali akal budi yang lebih baik dari binatang, tapi berbeda dengan kamu BINATANG yang sok berakal budi padahal BUSUK!!!!oia kloo emg kamu blg hindu sesat,buktikan buktikan jangan hanya berkoar saja!

    • wagerrr 28 November 2014 / 6:34 pm

      Ada apa denganmu Nak ? Apa sampean adalah member Hare Krishna atau cuma simpatisan ormas Front Pembela Hindu?

      Artikel ini juga telah dikunjungi dan dikomentari oleh para member ASLI Hare Krishna. Beliau semua pada senyum senyum dan tidak keberatan dengan judulnya. Beberapa teman baik saya yang juga member Hare Krishna malah kasih link, saran dan juga membuatkan teh manis.

      Lha ini bukan member koq malah ngamuk? Emang sih, kapasitas otak setiap orang memahami suatu tulisan itu berbeda……

Komentarlah dengan hati senang. Bingung dgn MAIL? Silakan gunakan : salam@abal2.com | Nama? Gunakan GUEST-8 dst. (Privasi dijamin 100%)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s