Seni Menyamarkan Diri Di Blog Abal-abal Dengan Akun Anonymous

Berselancar Dengan Aman Di Dunia Maya Dengan Hide IP

internet-aman

DONGBUD. Wager R Mahardika. Disaat berselancar di dunia maya, mengunjungi site atau blog, seseorang mungkin sudah merasa aman. “Toh cuma intip-intip saja bukan?”. Pendapat yang tidak sepenuhnya benar. Ketika komputer atau gatget anda tersambung dengan internet maka secara tidak langsung sebetulnya segala data dan informasi Anda sudah “bocor” dan mengalir keluar, apalagi pakai download-download segala.

Kemudian disaat menulis komentar di suatu blog, Anda juga mungkin sudah merasa 100% aman, “Toh saya berkomentar menggunakan nama samaran dan mail palsu! Komentar dengan banyak nama adalah aman, toh tidak ada yang tahu khan?”. Benarkah? Nah, jawabannya ada di tulisan berikut.

Di topik ini saya akan mencoba membagi sedikit pengetahuan abal-abal saya tentang cara-cara berinternet yang aman, tips cara aman berkomentar di blog abal-abal dengan akun Anonymous, sekaligus juga cara aman menyerang admin atau pemilik blog dongbud tanpa ketahuan dan tanpa bisa dilacak !! Wakakakkkkk. Blog abal-abal, gitu lho. Jujur, koplak, bego, menertawakan diri. 

Catatan : Khusus untuk komentar beragam nama sekedar untuk tujuan meramaikan, sekedar variasi agar tidak bosan ya itu lain kasus atau malah dianjurkan di blog abal-abal ini, terlebih untuk tujuan lucu-lucuan doang.

Memahami IP Address

Hal pertama yang wajib kita ketahui tentang privasi di dunia maya adalah memahami tentang IP dan sedikit cara kerjanya. Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Dengan bahasa yang lebih mudah, setiap komputer sebetulnya memiliki “nama”atau identitas berbentuk deretan angka. Nah, angka inilah yang disebut dengan IP address.

Jadi disaat anda berkunjung ke suatu site atau blog maka maka IP address anda otomatis akan terekam di site tersebut. Adapun data data IP meliputi.

  • Alamat IP address
  • Nama provider, misalnya indosat, Telkomsel, Three Indonesia dll
  • Lokasi internet tersebut diakses (negara, kota, nama jalan, blok rumah dll)
  • Data komputer, ukuran layar monitor, OS (operating system) yang digunakan (Android, BB, Sony, Samsung, Windows 2000, XP, Macintosh, Linux dll)
  • Halaman yang dikunjungi
  • Jam kunjungan, dalam sehari anda berkunjung berapa kali, jam berapa, berapa lama dll semuanya terekam dan terbaca.

Memahami cara kerja fasilatas “Pencatat IP” pada blog

Secara default, filtur intip pengunjung ini sudah terinstall secara otomatis pada semua blog. Filtur ini nantinya akan memberikan informasi umum pada pemilik blog tentang jumlah pengunjung perhari, perbulan, halaman yang populer diklik, negara pengunjung dll. Data tersebut sering ditampilkan pada menu blog yang salah satunya berupa “Jumlah Pengunjung”.

Nah, khusus untuk data yang lebih spesifik dan privasi berupa IP address hanya akan muncul disaat pengunjung menulis berkomentar saja.

Jadi bagi pengunjung yang jail, komentar spam dengan menggunakan nama dan alamat email yang berbeda, pemilik blog kemungkinan besar akan tetap bisa mengenalinya karena  IP address yang muncul adalah sama. Demikian juga saat berkomentar dengan id Anonymous (tanpa mencantumkan nama dan mail), sangat berguna untuk menyamarkan diri pada pengunjung lain tapi tidak untuk pemilik blog. Perkecualian adalah saat komentar dikirim dengan menggunakan komputer/HP dengan provider yang berbeda.

IP address komentar pada blog sama sekali tidak mencantumkan lokasi pengunjung, hanya deretan angka saja, namun dengan menggunakan bantuan site penerjemah IP, maka lokasi dan nama provider pengunjung akan bisa diketahui dengan gamblang.

= Jadi IP hanya muncul saat berkomentar saja? Kalau cuma intip-intip berarti aman dong Mbah?

Secara default, IP address pengunjung pada blog hanya akan tercatat saat anda berkomentar saja, jadi kalau cuma intip-intip saja tentu tidak akan meninggalkan jejak apapun yang bisa diintip oleh pemilik blog. NAMUN dengan menginstall widget atau script khusus maka IP address semua pengujung juga akan bisa diintip oleh pemilik blog, baik berkomentar ataupun tidak. Catatan : blog dongbdud tidak meng-install widget pengintip semacam itu karena merasa tidak memerlukannya.

= Duh baru tahu aku Mbah. Ternyata selama ini aku selalu dimata-matai. Ternyata dunia maya itu tidak aman dan tidak ada privasi sama sekali.

Ah, sebetulnya ndak juga. Lagian juga untuk apa mengintip privasi orang? Kayak kurang kerjaan saja. Terlebih lagi, toh Anda bukan teroris atau orang jahat bukan? Jadi sepertinya tidak ada yang perlu ditakutkan. Tulisan di atas bukan untuk menakut-nakuti tapi mencoba memberikan gambaran yang benar dan jelas tentang dunia maya.

Dibandingkan dengan blog, facebook sebetulnya jauh lebih “mengerikan”. Banyak data privasi yang bocor atau sengaja diumbar, aktivitas sehari-hari dan bahkan foto diri, anak atau keluarga mengalir keluar tanpa terbendung.

Pada dasarnya semua data ini (IP address, lokasi dll) diperlukan oleh para webmaster/ pemilik site untuk tujuan positif misalnya topik yang diskai pengunjung, lebar monitor komputer pengunjung, versi OS (operating system) yang digunakan dll. Jadi secara umum, data yang terekam dan dikumpulkan oleh pemilik situs adalah data umum yang positif. Namun dalam kasus tertentu, bisa jadi data privasi anda akan dimanfaatkan oleh pihak pengelola situs untuk tujuan negatif. Nah, bagian ini lain lagi ceritanya.

Pada dasarnya, semua lalu lintas data, site yang dikunjungi, mail dll ada jejak-nya. Semua data ini terekam pada situs yang adan buka atau kunjungi serta pihak provider.

BAGIAN II

Cara  Menyembunyikan IP Address

Sekarang kita memasuki bagian 2 yang tidak kalah menariknya yaitu seni menyembunyikan diri, berselancar dan berkomentar dengan tanpa terlacak.

Untuk tujuan tertentu, seseorang terkadang merasa perlu untuk menyembunyikan data dirinya. Contohnya saat berkomentar di blog abal-abal, mengkritik ataupun menyerang admin blog abal-abal dll. Contoh lainnya adalah disaat berkunjung ke situs porno dll. Walaupun nyaris dipastikan bahwa pengunjung di situs esek-esek selalu membludak dan pemilik site tidak ada waktu untuk intip data pengunjung, namun bagi sebagian orang yang peduli privasi kadang merasa tidak enak atau tidak rela kalau jejak IP addresnnya terekam di site tersebut.

Jadi bagi rekan yang peduli tentang privasi atau karena alasan lain, berikut ini adalah sejumlah link yang berguna untuk menyembunyikan IP address.

  • Hide Me. Praktis dan sangat mudah digunakan. Ada 3 lokasai negara berbeda yang bisa anda pilih untuk menyamarkan diri yaitu Mamarika, Belanda atau Jerman.
  • Hide my ass.  Akses relatif cepat dan nyaris tanpa jeda. Semua image atau gravatar tampil sempurna.
  • Site lainnya silakan di search sendiri

Jadi nantinya, walau anda mengakses internet dari Indonesia, namun yang muncul atau tercatat adalah negara lain. Sebagai test percobaan, silakan akses blog-blog tertentu yang memasang menu Live Traffic Feed. Perhatikan pada nama negara yang berubah menjadi “ngaco” sesuai dengan nama negara yang Anda pilih.

PENTING :  ketik alamat blog atau situs secara lengkap beserta http:// dan www kalau ada. Contohnya : https://dongengbudaya.wordpress.com . Cara yang paling aman dan dijamin benar adalah copy langung dari address bar pada situs aslinya.

Untuk hasil yang lebih baik, bersih dari jejak history, saya sarankan untuk mengkombinasikan Hide IP dengan Privat Browser, Privat Window (firefox) atau Incognito WIndow (Chrome).

Kelemahan menggunakan hide IP address

  1. Site utama tidak tampil secara penuh karena layar akan sedikit terpotong di bagian atas, jadi relatif tidak nyaman digunakan.
  2. Akses internet menjadi sedikit lambat bahkan sangat lambat (tergantung kecepatan internet anda). Jadi kalau tidak penting-penting amat, penyembunyi IP address ini tidak perlu digunakan
  3. Tidak bisa digunakan untuk semua site, terlebih disaat akses site yang memerlukan log-in.
  4. Hide IP address hanya efektif untuk menyembunyikan diri trackhing pemilik situs / blog namun data tetap terekam, tercatat dan bisa ditelusuri oleh phak provide.  Dengan kata lain, hide ip tidak efektif digunakan untuk tujuan kejahatan.

PENUTUP

Dunia maya adalah dunia yang menarik. Walaupun mungkin banyak informasi atau privasi anda yang akan bocor keluar, namun bukanlah penghalang ataupun malah menjadi ketakutan berlebihan, karena data privasi yang bocor hanyalah sebatas umum.

Dibandingkan menghawatirkan suatu hal secara berlebihan, sepertinya yang lebih penting dipahami adalah cara-cara berinternet yang lebih sehat dan aman. Dan berikut adalah tips sederhana berselancar dengan aman.

  1. Pertama,  akses hanya pada site atau blog yang terpecaya. Jangan akses site atau blog yang “aneh-aneh”.
  2. Kedua, jangan mudah terjebak untuk mengklik link, terlebih kalau link tersebut muncul di email Anda. Kalau terpaksa harus klik link, copylah alamat linknya dan buka dengan tab atau window yang terpisah.
  3. Ketiga, untuk menghindari jebakan virus yang menyebabkan rusak atau hilangnya data komputer maka saya sarannkan untuk OS yang lebih tangguh dan kebal virus yaitu Linux, bukan Windows. Bagian terakhir ini termask katagori iklan jual kecap dan selengkapnya (Tengang Linux) akan dibahas di lain kesempatan.

Semoga bermanfaat, walau abal-abal karena ditulis oleh orang yang tidak paham internet.

Copyright@dongengbudaya

Maret 2016

 

 

 

 

Advertisements

20 thoughts on “Seni Menyamarkan Diri Di Blog Abal-abal Dengan Akun Anonymous

  1. Makasih infonya mbah 🙂 …

    Salah satu nasehat untuk yang bermain di media sosial adalah… “Jangan pernah percaya dan jangan pernah berdebat dengan akun anonim kecuali di blog abal-abal” 😀 …

    Blog boleh abal-abal, tapi isinya orang top markotop semua yang berkumpul di padhepokan ini, mulai dari paranormal yang pandai menerawang sampai para abnormal yang kambuhan turut meramaikan blog sesat ini… Bravo!

    1. Di blog mbelgedez ini berkumpul banyak orang pintar dan top markotop.
      Di blog lain juga sama, malah lebih mencengangkan lagi.

      Cuma bedanya, disini juga berkumpul orang koplak. Nah, ini dia yang tidak ada lawannya….

    1. Santai aja Ning BiruLaut,
      Silakan dicoba lain waktu. Sepanjang digunakan untuk hal positif, akun anonim juga bagus, sama bagusnya dengan akun dgn gambar gravatar.

  2. Info yang menarik,Oom ! Saya dulu cuma …iseng2, eee, ternyata lalu bisa kenal orang2 ampuh : Jeng Dewi Murni Berkembenkan Sutra Ungu,Mas JS tukang solder …,dll.

    Pernah juga …kecewa akhirnya …Lho ? Yang saya pikir blog ampuh ternyata …disitu yang punya meng OK orang2 yang berlatarbelakang …kurang terpuji – tapi ,konon, mereka dapat wahyu …

    Dunia maya : bisa untuk senang2, menambah pengetahuan , tapi juga penuh …jebakan , lumpur, sampah ….( www. tidaknyambungsamasekali.com) (-;

    slumanslumunslamet …

    1. Kang Balanedewa,
      Saya kurang begitu jelas menangkap pesan Akang. Mudah2 yg dimaksud bukan dongbud. Lha, khan ini bukan blog ampuh tapi blog abal abal. Yang jelas, saya ikut sedih membacanya.

      Kejelekan blog dongbud harus diungkap dan ditelanjangi, tapi pantang menelanjangi blog lain.

      Rahayu

    2. Bukan, jelas bukan Dongbud ! Dongbud kan …jujur, dari mulainya di ….katakan blog abal2 bin mbel …(-: …Ini ampuh nya Dongbud ! (-:

    3. Syukurlah Kang. Saya merjadi merasa agak tenang.

      Padahal dari awal sebetulnya sudah jelas, tercantum kata “blog ampuh”, jadi jelas maksudnya bukan dongbud. Maklum aja, sudah biasa berpikir pakai dengkul sih…..

      Dongbud bukan blog ampuh, tapi para warganya yang ampuh. Nah, ini pasti.

  3. Selamat MALAM kepada Oom Wager, Para Warga Padepokan Mbelgedez, Para Alumni dan Para Sedulur Semua@

    Membaca ARTIKEL tsb di atas (walau saya kurang familiar dlm Teknis), tentang Seni Menyamarkan Diri Di Blog Abal-abal Dengan Akun Anonymous (Berselancar Dengan Aman Di Dunia Maya Dengan Hide IP), merupakan Produk Artikel lain dari yg biasanya.

    Sebuah Resume yg KEREN, bicara tentang Textbook, Empiris dan… Strategi, selain pilihan Diksi yg pas, termasuk OUTPLAY & OUTSMART…….
    Acungan Jempol buat Oom Wager (yg step ahead…)

    Rahayu Sagung Dumadi,
    Jayadanjayalahblogdongbudpadepokanmbelgedez,
    Majulahdanjayalahnusantaramerahputihibupertiwi…..

  4. Salam Kang Pejalan,
    Kebetulan saja saya tahu sedikit dunia komputer khususnya dunia blog. Terus keahlian lain adalah menerima servis bongkar komputer, alias bongkar daong, pasang kembali kebingungan. wakakakkk……

    Semua keahilan abal2 itu mencoba ditulis dan dibagikan, walau mungkin kagak penting dan kagak ada yang berminat…..

  5. Pakai proxy aja.. Bebas berselancar tanpa internet sensitif.. Eh positif maksudnya.. Hehe
    Tapi klo untuk bertransaksi bank ga disarankan ya..

  6. Selamat SORE kepada Oom Wager, Para Warga Padepokan Mbelgedez, Para Alumni dan Para Sedulur Semua@

    Salam Oom Wager@
    Sebenarnya, Saya agak kesulitan menempatkan Postingan ini di Artikel (Kamar) mana, tetapi….. Saya pikir di Artikel (Kamar) ini lebih sesuai karena….. berbicara TENTANG BLOG (Dumay).

    Terpikir untuk mem-Posting ttg DUNIA BLOG (BLOGGER), krn berdasarkan TEXTBOOK, bhw :
    • Salah satu Sumber Pengetahuan Online Terbaik adalah BLOG, dan…..
    • Blog GADO-GADO ( Memiliki Banyak Topik), menjadikan Blog MENENGAH akan SULIT, apalagi menjadi Blog BESAR.

    Tetapi….. di Padepokan Mbelgedez ini (Blog DONGBUD) justru ANOMALI, semakin hari semakin OKEY, kalau tdk salah, rata2 per-hari sekarang mencapai sktr 1.000 Pengunjung.
    Selamat & Acungan JEMPOL buat Oom WAGER, Blog DONGBUD, Padepokan MBELGEDEZ

    Suatu hal yg menggembirakan di satu sisi, tetapi……. di sisi lain-nya agak menyedihkan karena TEKNOLOGI BELUM BISA meng-COVER Saudara2 Kita SESAMA MAKHLUK ASTRAL DiIMENSI LAIN Ciptaan GUSTI yg turut mengunjungi Padepokan MBELGEDEZ ini….., ataukah Oom Wager DIAM-DIAM sudah memiliki ALAT PENGHITUNG-nya….?
    Heheeheeeee……….

    Blog Dongbud (Padepokan Mbelgedez) ini lain daripada yg lain (punya BRANDED),
    Kalau boleh ber-OPINI terbagi dalam 2 KLASIFIKASI berdasarkan :
    1. ARTIKEL
    2. KOMENTAR (Postingan).

    1. KLASIFIKASI berdasarkan ARTIKEL, yakni, sbb:
    a. SKALA yg tergolong NON ILMIAH;
    b. SKALA yg tergolong SEMI ILMIAH;
    c. Perpaduan antara SKALA & NISKALA (Bobot Presentase-nya berbeda setiap Artikel).

    2. KLASIFIKASI berdasarkan KOMENTAR (Postingan), yakni, sbb:
    a. Komentar (Postingan) Orang Waras yg Waras;
    b. Komentar (Postingan) Orang Waras yg Stress;
    c. Komentar (Postingan) Orang Waras yg ada MISI/TENDENSI;
    d Komentar (Postingan) “Orang Gila”
    e. Komentar (Postingan) NISKALA (Makhluk Astral Dimensi Lain).

    Dimana salah satu SEMBOYAN Padepokan (Blog) adalah “BHINNEKA TUNGGAL IKA,” selain HUMANIS, dan NASIONALIS.

    Rahayu Sagung Dumadi,
    Jayadanjayalahblogdongbudpadepokanmbelgedez,
    Majulahdanjayalahnusantaramerahputihibupertiwi…..

    1. Kang Pejalan,
      Nuwun Kang atas ulasannya yang ok punya.

      Secara teori, saya juga sudah membaca bahwa blog dengan topik khusus jauh lebih baik dibandingkan dengan blog gado-gado. Contohnya mungkin blog Sabdalangit yg khusus membahas kejawen atau blog wongalus yang khusus membahas dunia gaib.

      Kemudian blog dengan topik yg jelas, detail dan terperinci jauh lebih bagus dan akan menjaring banyak pengunjung dibandingkan dengan topik yg kagak jelas, ngalor ngidul tanpa jelas juntrungnya.

      Cuma, ya itu, saya melihat ada celah kecil atau segmen pasar lain yang belum tergarap yaitu golongan abal-abal, serius, santai, humanisme dan nasionalisme. Semua orang bisa gabung, tidak sebatas orang Jawa saja. Nah itulah market utama dari dongbud.

      Saya menganggap teori atau texbook itu penting, namun kreasi, inovasi, berani tampil beda juga tidak kalah pentingnya. Dalam dunia blog, dunia hidup, dunia kerja juga sama saja.

      Kalau saya menulis topik kejawen pasti akan gigit jari karena kalah telak dengan blog sabdalangit atau bahkan sabdadewi sekalipun. Jadi topik apa sebaiknya saya tulis? Jawabannya ada di diri sendiri yaitu topik apa yang saya sukai?

      Mau ramai atau sepi bukanlah masalah besar karena saya melakukan apa yg saya sukai. Para rekan atau warga dongbud-pun sepertinya kurang lebih sama yaitu menulis dengan bebas dan hati senang.

  7. Selamat PAGI kepada Oom Wager, Para Warga Padepokan Mbelgedez, Para Alumni dan Para Sedulur Semua@
    Monggo dinikmati dulu Minuman-nya…….

    Wouw keren……. REPLY (Jawaban) yang MENGALIR APA ADANYA skaligus CERDAS & REALISTIS serta OPORTUNIS…….
    Mengingatkan Daku, akan Gabungan (SINERGIS) antara Manajemen TOWS & Manajemen SWOT, plus Peran-serta Para Stakeholder
    Heheheee…….

    Tetapi……. Dimanakah Reply tentang Sesama Makhluk Astral Dimensi Lain Ciptaan GUSTI Ingkang Akaryo Jagad, plus Instrumen (Alat) Penghitung-nya..?
    Sepertinya diabaikan atau….. sengaja menghindarkah…?
    Wakakakaaak……….

    Empirisnya, Instrumen (Alat) Penghitung-nya, antara lain; KACA BENGGALA (bersifat Pasif), dan JALA SUTRA (bersifat AKTIF), dll.

    Rahayu Sagung Dumadi,
    Jayadanjayalahblogdongbudpadepokanmbelgedez,
    Majulahdanjayalahnusantaramerahputihibupertiwi…..

    1. Salam Kang Pejalan,
      Itu pertanyaan level dewa yg tidak mampu saya jawab. Jadi sengaja menghindar agar tidak kelihatan konyol. wakakakkkkk……

      Diam itu emas, bicara itu perak
      Pemimpin diam, tidak melakukan apa-apa, tidak menjelaskan apa-apa = pemimpin emas.

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s